Rumah Unik Ini Terinspirasi Pesawat Apollo 11 - Kompas.com

Rumah Unik Ini Terinspirasi Pesawat Apollo 11

Kompas.com - 21/07/2018, 16:04 WIB
rumah dibuat semirip mungkin dengan kapsul Apollo 11. rumah dibuat semirip mungkin dengan kapsul Apollo 11.

KOMPAS.com - Terinspirasi oleh pendaratan pertama di bulan, sebuah rumah dibuat semirip mungkin dengan kapsul yang mengangkut tiga orang astronot ke satelit bumi itu.

Arsitek Naval Kurt Hughes yang membuat rancangan desain rumah unik ini. Tempat ini dijuluki Lunar Lander karena memiliki desain yang mirip dengan pesawat Apollo 11.

Uniknya, lokasi berdirinya rumah ini terletak 40 kilometer dari tempat pelatihan para astronot, dan bisa dihuni oleh dua orang.

Rumah mungil unik ini difungsikan sebagai tempat liburan akhir pekan, karena terletak persis di tepi Sungai Columbia dan memiliki luas 23 meter persegi.

Hughes yang sudah berpengalaman dalam membangun perahu dan rumah, merancang hunian mungil ini agar tahan terhadap air.

Tampilan interior The Lunar Lander Tampilan interior The Lunar Lander
Agar mirip dengan kapsul pendaratan ke Bulan, hunian ini juga dirancang sedemikian rupa agar tahan terhadap hama, jamur, serangga serta kedap udara. Konstruksi rumahnya sendiri dibuat dari bahan kayu lapis, epoxy, dan fiberglass.

“The Lunar Lander bukan hanya rumah dengan bentuk yang menarik, namun juga merupakan sebuah penghormatan bagi masa ketika manusia melakukan hal-hal baru,” ungkap Hughes mengenai inspirasi pembuatan rumah ini.

Atap The Lunar Lander yang terbuat dari kubah kaca. Pada bagian atas juga terdapat panel surya untuk memenuhi kebutuhan rumah. Atap The Lunar Lander yang terbuat dari kubah kaca. Pada bagian atas juga terdapat panel surya untuk memenuhi kebutuhan rumah.
Pada bagian atas rumah, terdapat sebuah kubah trannsparan yang mampu mengalirkan cahaya matahari ke dalam setiap ruangan. Selain unik, rumah ini juga ramah lingkungan. Untuk mengisi daya beberapa peralaan rumah, sebuah panel surya ditempatkan pada bagian atas rumah. 

Bagian dalam rumah sendiri terbagi menjadi beberapa ruangan, seperti dapur, kamar mandi, tempat sarapan, dek luar, dan sebuah tangga yang menuju ke tempat tidur.

Komponen rumah sendiri terbuat dengan menggunakan Structural Insulated Panel (SIP), atau struktur sandwich. Lapisan ini akan diapit oleh dua buah papan yang bisa terbuat dari bahan kayu. SIP akan terlihat seperti sandwich karena lapisan foam di dalamnya.

Kedepannya, Hughes juga menyatakan keinginannya untuk mengembangkan rancangan rumah The Lunar Lander yang lebih besar.



Close Ads X