Penuhi Permintaan Jokowi, Jasa Marga Gandeng UMKM Sejajar KFC dan McD

Kompas.com - 20/07/2018, 21:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - AVP Corporate Communications PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru memastikan akan memenuhi permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginginkan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) bisa berjualan di rest area  jalan tol.

"Jasa Marga dan seluruh kelompok usahanya memiliki misi yang sejalan dengan Pemerintah. Pengembangan infrastruktur jalan tol, salah satunya adalah dalam rangka mengembangkan potensi ekonomi di daerah," kata Heru melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Jumat (20/7/2018).

Hingga kini, setidaknya sudah ada sekitar 400 UMKM binaan Jasa Marga yang telah beroperasi di beberapa rest area.

Baca juga: Diminta Jokowi Tidak Jual Starbucks dan McD, TMJ Evaluasi 7 Rest Area

Mereka tersebar di sembilan rest area yang dikelola Jasa Marga langsung, maupun di rest area yang dikerjasamakan dengan pihak ketiga.

Kendaraan melintas pada pembangunan tempat istirahat di Tol Gempol-Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Rabu (6/6/2018). Tol tersebut merupakan bagian dari jalan Tol Trans Jawa dengan panjang 34,15 kilometer dan beroperasi secara fungsional pada Lebaran 2018.MAULANA MAHARDHIKA Kendaraan melintas pada pembangunan tempat istirahat di Tol Gempol-Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Rabu (6/6/2018). Tol tersebut merupakan bagian dari jalan Tol Trans Jawa dengan panjang 34,15 kilometer dan beroperasi secara fungsional pada Lebaran 2018.
Heru memastikan, jumlah UMKM tersebut akan bertambah seiring dengan penambahan rest area di ruas tol baru.

"UMKM yang telah menjadi mitra Jasa Marga saat ini tersebar di tujuh ruas tol, yakni Jakarta-Cikampek, Jakarta-Tangerang, Jagorawi, Purbaleunyi, Palikanci, Semarang Seksi ABC, dan Solo-Ngawi," papar Heru.

Dalam waktu dekat, Jasa Marga berencana menambah 15 rest area baru, terutama di jalur Tol Semarang-Solo, Tol Solo-Ngawi, Tol Ngawi-Kertosono, dan Tol Surabaya-Mojokerto.

Jasa Marga akan mengalokasikan 30 persen lahan di rest area di jalan tol baru untuk dikerjasamakan dengan UMKM melalui Pemda setempat.

Baca juga: Jokowi: Rest Area Jalan Tol Harus Diisi UMKM

Sebelumnya, Presiden Jokowi saat meresmikan Tol Kartasura-Sragen, Minggu (15/7/2018) pagi, menekankan, jangan sampai rest area yang menjadi salah satu pusat perekonomian justru diisi oleh merek-merek asing.

Rest area atau tempat istirahat yang terdapat di sepanjang jalan tol harus bisa dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan usaha masyarakat.

"Saya minta di setiap rest area jualannya bukan McD, bukan Kentucky, bukan Starbucks, harus mulai diganti sate, soto, tahu guling, gudeg," kata Presiden.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.