Tol Kunciran-Serpong Didukung Kredit Sindikasi Rp 3,3 Triliun

Kompas.com - 20/07/2018, 17:54 WIB
Penandatanganan fasilitas kredit sindikasi bernilai Rp 3,3 triliun untuk proyek jalan tol Kunciran-Serpong, Jumat (20/7/2018) di Jakarta. Erwin Hutapea/Kompas.comPenandatanganan fasilitas kredit sindikasi bernilai Rp 3,3 triliun untuk proyek jalan tol Kunciran-Serpong, Jumat (20/7/2018) di Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk bersama PT Astra Infra Toll Road dan PT Marga Trans Nusantara menandatangani fasilitas kredit sindikasi bernilai Rp 3,3 triliun untuk proyek jalan tol Kunciran-Serpong.

Kredit sindikasi ini disalurkan lima bank. Empat di antaranya merupakan BUMN dan BUMD yakni BNI, BRI, Bank Mandiri, dan Bank Riau Kepri. Satu bank lainnya merupakan swasta nasional yakni BCA.

"Penandatanganan ini dilakukan untuk pembiayaan pembangunan Tol Kunciran-Serpong sepanjang 11,14 km yang merupakan bagian dari Tol JORR 2," kata Presiden Direktur PT Marga Trans Nusantara (MTN) Truly Nawangsasi, Jumat (20/7/2018) di Jakarta.

Dia menambahkan, MTN adalah perusahaan yang didirikan pada tahun 2008. Perusahaan ini sebagai anak usaha dari grup PT Jasa Marga (Persero) Tbk bekerja sama dengan PT Astra Infra Toll Road.

Menurut Truly, Jasa Marga memiliki saham 60 persen dan Astra Infra Toll Road 40 persen.

Kredit sindikasi Rp 3,3 triliun itu merupakan bagian dari investasi total Rp 4,7 triliun dengan tenor 15 tahun.

Adapun rasio investasinya terdiri dari 30 persen ekuitas pemegang saham dan 70 persen dari kreditor. 

Tol Kunciran-Serpong merupakan sambungan dari Tol Cengkareng-Kunciran dan Serpong-Cinere.

"Di utara ada Kunciran-Cengkareng dan di selatan ada Cinere-Serpong," ujar Truly.

Saat ini pembangunannya mencapai 58 persen dan ditargetkan selesai pada Januari 2019.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.