Kompas.com - 15/07/2018, 07:30 WIB
Tol Solo-Ngawi segmen Kartasura-Salatiga. Kompas.com / Dani PrabowoTol Solo-Ngawi segmen Kartasura-Salatiga.
 SOLO, KOMPAS.com - Jika sebagian ruas Jalan Tol Solo-Ngawi beroperasi, diyakini dapat mengurangi beban arus lalu lintas di jalur arteri Kota Solo.
 
Selama ini, kendaraan baik yang berasal dari Semarang maupun Yogyakarta, harus melalui jalur arteri terlebih dahulu bila ingin menuju ke arah Sragen.
 
"Solo ini kan tidak punya ring road ya, sehingga semua kendaraan harus menuju kota Solo kalau menuju ke arah Sragen dan Karanganyar," kata Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) David Wijayatno kepada Kompas.com, Sabtu (14/7/2018).
 
 
Dalam kondisi normal, David mengatakan, masyarakat butuh waktu paling tidak satu jam lebih untuk menuju Sragen dari Solo.
 
Dengan kelak beroperasinya segmen ini, waktu perjalanan masyarakat bisa ditempuh hingga 50 persen.
 
"Jadi itu bisa 30 menit (waktu tempuhnya)," cetus David.
 
Hari ini, Minggu (15/7/2018), Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan Tol Solo-Ngawi segmen Kartasura-Sragen sepanjang 35,22 kilometer.
 
Secara keseluruhan, panjang tol ini mencapai 90,43 kilometer. David mengatakan, setidaknya sudah ada empat kilometer dari ruas tol ini yang telah beroperasi yaitu untuk segmen yang berbatasan dengan Tol Ngawi-Kertosono, mulai dari Simpang Susun Ngawi-Klitik.
 
Sementara, untuk ruas Sragen-Ngawi sepanjang 50,8 kilometer, saat ini pekerjaan konstruksi telah mencapai 93,51 persen dan pembebasan lahan mencapai 97,88 persen.
 
Pekerjaan fisik yang tersisa yakni pembangunan lima overpass yang belum bisa dilaksanakan karena pembebasan lahan yang belum selesai.
 
Meski demikian, ia berharap, proses pembebasan lahan itu tidak akan memakan waktu lama, sehingga pekerjaan konstruksi dapat dilanjutkan.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.