Pagi Ini, Presiden Jokowi Resmikan Tol Solo-Ngawi

Kompas.com - 15/07/2018, 06:58 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan Jalan Tol Solo-Ngawi segmen Kartasura-Sragen, Minggu (15/7/2018) pagi.

Kepastian tersebut disampaikan Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), David Wijayatno, usai mengecek kesiapan persiapan, Sabtu (14/7/2018).

"Jadi, Insya Allah sudah confirmed Jalan Tol Solo-Ngawi besok (hari ini) jam 08.00 pagi akan diresmikan oleh Presiden Jokowi," kata dia kepada Kompas.com.

Tol Solo-Ngawi segmen Kartasura-Salatiga.Kompas.com / Dani Prabowo Tol Solo-Ngawi segmen Kartasura-Salatiga.
Secara keseluruhan, panjang Tol Solo-Ngawi mencapai 90,43 kilometer. Namun, ruas yang akan diresmikan hanya segmen Kartasura-Sragen sepanjang 35,22 kilometer.

Hal itu disebabkan, masih adanya pekerjaan lima overpass yang belum rampung hingga kini akibat belum bebasnya lahan yang digunakan untuk oprit.

"Yang 4 kilometer sudah beroperasi sejak tanggal 30 April lalu yang dari Ngawi sampai ke Klitik. Sekarang tinggal 51 kilometer ini sedang dalam proses penyelesaian yang overpass itu," ujarnya.

"Insya Allah akhir (Agustus) atau awal September (overpass selesai), sehingga akhir September kami jadwalkan sudah bisa beroperasi (keseluruhan)," imbuh dia.

Tol Solo-Ngawi segmen Kartasura-Salatiga.Kompas.com / Dani Prabowo Tol Solo-Ngawi segmen Kartasura-Salatiga.
Untuk informasi, PT JSN sebelumnya telah mengantongi surat laik operasi berdasarkan surat Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR No. JL.10-10-Db/589 tertanggal 28 Mei 2018 yang menyatakan telah laik operasi.

Selain itu, pada 8 Juni 2018, PT JSN juga telah mendapatkan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 387/KPTS/M/2018 yang menyatakan bahwa segmen ini sudah dapat dioperasikan.

Di dalam SK Menteri tersebut juga diatur besaran tarif yang berlaku, yakni Rp 1.000 per kilometer untuk kendaraan Golongan I atau kendaraan pribadi.

Rest area 519 A pada ruas Tol Solo-Ngawi.Jasa Marga Rest area 519 A pada ruas Tol Solo-Ngawi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.