Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Industri Wisata NTT Butuh Infrastruktur yang Layak

Kompas.com - 14/07/2018, 17:10 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Timur (NTT) Marius Ardu Jelamu menyambut baik peningkatan kualitas jalan menuju sejumlah destinasi wisata yang ada di Pulau Sumba.
 
Marius mengharapkan, Pemerintah Provinsi NTT dan Pemerintah Kabupaten di seluruh NTT serta pemerintah pusat, secepatnya membangun jalan ke sejumlah destinasi wisata, sesuai dengan kewenangannya masing-masing.
 
"Pariwisata di NTT saat ini berkembang sangat pesat dan pertumbuhan sedang meningkat, karena itu harus didukung infrastruktur jalan yang baik," ucap Marius kepada Kompas.com, Sabtu (14/7/2018).
 
Menurut Marius, semua pihak, harus secepatnya juga mengikuti dinamika yang ada. 
 
"Kita harus berlari cepat seiring dengan perkembangan pariwisata ini. Tempatkan sumber daya manusia, yang memiliki banyak ilmu, gagasan dan inovasi dalam membangun NTT," ucapnya. 
 
Marius membutuhkan kualitas sumber daya manusia yang kompetitif secara nasional dan internasional, untuk memajukan provinsi NTT yang dikenal sebagai provinsi kepulauan ini. 
 
Pemerintah juga perlu secara intensif bekerja sama dengan para pelaku usaha di dalam membangun NTT, sesuai dengan bidangnya masing-masing.
 
Marius mengakui, masih banyak destinasi unggulan di NTT, terutama yang berada di desa, sulit dijangkau karena akses jalan yang belum memadai.
 
"Di desa-desa yang jauh dari kota, banyak destinasi wisata alam yang sangat indah seperti air terjun, sungai, ngarai, gugusan gua-gua, bebatuan yang indah, lereng bukit dan pegunungan yang mempesona. Namun akses jalan menuju tempat tersebut sangat terbatas dan itu ada di seluruh wilayah NTT," tuturnya.
 
Karena itu, Marius berharap dukungan semua pihak untuk membantu dan mendukung pariwisata di NTT melalui pembenahan infrastruktur.
 
Sebelumnya diberitakan, Pemerintah pusat melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah X Kupang, NTT, membangun jalan hot mix menuju dua lokasi obyek wisata andalan di Kabupaten Sumba Barat Daya dan Sumba Barat.
 
Di Sumba Barat Daya, jalan sepanjang 15 kilometer dibangun melintasi obyek Wisata Danau Wekuri di Kecamatan Kodi Utara.
 
Sementara di Kabupaten Sumba Barat, pemerintah pusat membangun jalan sepanjang 5,6 kilometer menuju tempat penginapan terbaik di dunia, Hotel Nihiwatu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com