Berita Menarik: Alasan Pembangunan Meikarta dan Tol Baru ke Bandara - Kompas.com

Berita Menarik: Alasan Pembangunan Meikarta dan Tol Baru ke Bandara

Kompas.com - 14/07/2018, 10:31 WIB
Mochtar Riady (berdiri) dalam suatu diskusi, Kamis (12/7/2018) di Jakarta.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Mochtar Riady (berdiri) dalam suatu diskusi, Kamis (12/7/2018) di Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Informasi tentang perbedaan antara pembangunan jalan tol Trans-Sumatera dan di Jawa masih menjadi artikel yang paling banyak dibaca di kanal Properti Kompas.com, Jumat (13/7/2018).

Kemudian, empat ruas tol yang siap untuk dilakukan pra-uji laik fungsi juga mendapat banyak perhatian pembaca.

Berikut ini daftar berita menarik selengkapnya:

1. Perbedaan pembangunan jalan tol di Jawa dan Sumatera

Pembangunan sejumlah ruas tol Trans-Sumatera yang dilakukan oleh pemerintah merupakan wujud pemikiran baru. Pelaksanaannya beda dengan yang sudah dilakukan sebelumnya.

Selama ini pembangunan jalan tol di Pulau Jawa dilakukan karena di daerah tersebut sudah maju sehingga butuh infrastruktur jalan yang memadai.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Herry TZ (kanan) dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (11/7/2018).KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Herry TZ (kanan) dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Namun, sebaliknya untuk di Sumatera, jalan tol dibangun terlebih dahulu untuk memajukan daerah di sekitarnya.

Berita selengkapnya: Ini Bedanya Membangun Jalan Tol di Jawa dan Sumatera (1)

2. Pra-uji laik fungsi untuk empat ruas tol 

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna mengatakan, ada empat ruas tol yang saat ini tengah memasuki tahap persiapan pra-uji laik fungsi dan operasi (pra-ULO).

Kemungkinan, proses tersebut baru bisa dilaksanakan bulan Agustus karena masih ada beberapa pekerjaan fisik yang harus diselesaikan pengelola sebelum menjalani tahapan selanjutnya.

Jalan Tol Palembang-Indralaya yang ditarget selesai 10 hari jelang hari raya idul fitri tahun ini sudah memasuki tahap pengaspalan di sektor 2. Menurut Pimpinan Proyek Pembangunan Jalan Tol Palindra Hasan Turcahyo sisa yang belum diaspal tinggal 1,5 kilometerKOMPAS.com/Amriza Nursatria Jalan Tol Palembang-Indralaya yang ditarget selesai 10 hari jelang hari raya idul fitri tahun ini sudah memasuki tahap pengaspalan di sektor 2. Menurut Pimpinan Proyek Pembangunan Jalan Tol Palindra Hasan Turcahyo sisa yang belum diaspal tinggal 1,5 kilometer

"Itu pekerjaan fisik masih sampai bulan ini. Diharapkan bulan depan sudah bisa ULO," kata Herry di kantornya, Selasa (10/7/2018).

Berita selengkapnya: Empat Ruas Tol Siap Pra Uji Laik Operasi

3. Mochtar Riady sebut alasan pembangunan Meikarta 

Masih banyaknya kebutuhan perumahan membuat Grup Lippo membangun sejumlah proyek kota baru beserta segala fasilitas di dalamnya.

Selain itu, tingginya harga hunian, baik perumahan maupun apartemen, juga membuat banyak orang masih kesulitan untuk memilikinya.

“Indonesia masih kekurangan rumah. Harga properti tidak seharusnya seperti sekarang,” kata Mochtar Riady, pendiri Grup Lippo, Kamis (12/7/2018) di Jakarta.

Salah satu kota yang sekarang sedang dibangun yaitu Meikarta yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.

Berita selengkapnya: Mochtar Riady Ungkap Alasan Lippo Bangun Meikarta

4. Tol Kunciran-Cengkareng jadi jalur alternatif baru ke bandara 

PT Jasamarga Kunciran-Cengkareng (JKC) terus mengerjakan Jalan Tol Kunciran-Cengkareng yang merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2.

Total lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan jalan tol itu mencapai 122 hektar dengan menggunakan dana pemerintah. Progres pembebasan tanahnya hingga awal Juli ini mencapai 44,42 persen.

Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan jalan tol akses Serpong - Kunciran sepanjang 11,20 km di Kawasan Jombang Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (02/02/2018). Jalan tol  ini merupakan bagian dari jaringan Tol JORR 2 yang nantinya akan menghubungkan Bandara Soekarno Hatta hingga Bitung Tangerang dan diharapkan mampu memecahkan penumpukan serta kemacetan yang ada di tol dalam kota maupun tol JORR.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan jalan tol akses Serpong - Kunciran sepanjang 11,20 km di Kawasan Jombang Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (02/02/2018). Jalan tol ini merupakan bagian dari jaringan Tol JORR 2 yang nantinya akan menghubungkan Bandara Soekarno Hatta hingga Bitung Tangerang dan diharapkan mampu memecahkan penumpukan serta kemacetan yang ada di tol dalam kota maupun tol JORR.

Anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk itu optimistis bahwa pembebasan lahan untuk Tol Kunciran-Cengkareng bisa diselesaikan sesuai jadwal.

Ruas tol tersebut ditargetkan beroperasi pada Maret 2019 dan saat ini pembangunannya telah mencapai 15,51 persen.

Berita selengkapnya: Tol Kunciran-Cengkareng, Jalur Alternatif Baru ke Bandara

5. Perhitungkan dahulu sebelum investasi rumah di Bandung

Di luar Jakarta, Bandung menjadi salah satu kota yang putaran roda ekonominya terus meningkat. Efeknya, meskipun sudah padat, permintaan properti terutama residensial terus naik.

Kini, wilayah yang mulai jadi incaran pengembang adalah bagian selatan. Pada dasarnya, bagian tersebut memang belum banyak digarap. wilayah ini tak sepadat bagian Bandung lainnya. 

Podomoro Park Buah Batu, Bandung Selatan.Podomoro Park Podomoro Park Buah Batu, Bandung Selatan.

Berhitung investasi, wilayah tersebut memang memiliki peluang. Saat ini, beragam pembangunan infrastruktur sedang dilakukan untuk pengembangan Bandung Selatan.

Berita selengkapnya: Hitung-hitung Dulu sebelum Berinvestasi Rumah di Bandung



Close Ads X