Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Menarik: Alasan Pembangunan Meikarta dan Tol Baru ke Bandara

Kompas.com - 14/07/2018, 10:31 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Informasi tentang perbedaan antara pembangunan jalan tol Trans-Sumatera dan di Jawa masih menjadi artikel yang paling banyak dibaca di kanal Properti Kompas.com, Jumat (13/7/2018).

Kemudian, empat ruas tol yang siap untuk dilakukan pra-uji laik fungsi juga mendapat banyak perhatian pembaca.

Berikut ini daftar berita menarik selengkapnya:

1. Perbedaan pembangunan jalan tol di Jawa dan Sumatera

Pembangunan sejumlah ruas tol Trans-Sumatera yang dilakukan oleh pemerintah merupakan wujud pemikiran baru. Pelaksanaannya beda dengan yang sudah dilakukan sebelumnya.

Selama ini pembangunan jalan tol di Pulau Jawa dilakukan karena di daerah tersebut sudah maju sehingga butuh infrastruktur jalan yang memadai.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Herry TZ (kanan) dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (11/7/2018).KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Herry TZ (kanan) dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Namun, sebaliknya untuk di Sumatera, jalan tol dibangun terlebih dahulu untuk memajukan daerah di sekitarnya.

Berita selengkapnya: Ini Bedanya Membangun Jalan Tol di Jawa dan Sumatera (1)

2. Pra-uji laik fungsi untuk empat ruas tol 

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna mengatakan, ada empat ruas tol yang saat ini tengah memasuki tahap persiapan pra-uji laik fungsi dan operasi (pra-ULO).

Kemungkinan, proses tersebut baru bisa dilaksanakan bulan Agustus karena masih ada beberapa pekerjaan fisik yang harus diselesaikan pengelola sebelum menjalani tahapan selanjutnya.

Jalan Tol Palembang-Indralaya yang ditarget selesai 10 hari jelang hari raya idul fitri tahun ini sudah memasuki tahap pengaspalan di sektor 2. Menurut Pimpinan Proyek Pembangunan Jalan Tol Palindra Hasan Turcahyo sisa yang belum diaspal tinggal 1,5 kilometerKOMPAS.com/Amriza Nursatria Jalan Tol Palembang-Indralaya yang ditarget selesai 10 hari jelang hari raya idul fitri tahun ini sudah memasuki tahap pengaspalan di sektor 2. Menurut Pimpinan Proyek Pembangunan Jalan Tol Palindra Hasan Turcahyo sisa yang belum diaspal tinggal 1,5 kilometer

"Itu pekerjaan fisik masih sampai bulan ini. Diharapkan bulan depan sudah bisa ULO," kata Herry di kantornya, Selasa (10/7/2018).

Berita selengkapnya: Empat Ruas Tol Siap Pra Uji Laik Operasi

3. Mochtar Riady sebut alasan pembangunan Meikarta 

Masih banyaknya kebutuhan perumahan membuat Grup Lippo membangun sejumlah proyek kota baru beserta segala fasilitas di dalamnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com