Kompas.com - 13/07/2018, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga Semester I-2018, PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) mencatat telah menyalurkan pinjaman kepada penyalur kredit sebesar Rp 4,3 triliun.

Capaian itu setara 45,22 persen dari target Rp 9,6 triliun yang hendak disalurkan selama 2018.

Penetrasi yang dilakukan SMF ke sejumlah bank pembangunan daerah (BPD), baik konvensional maupun syariah, diklaim menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam pencapaian ini.

Baca juga: Dukung Sejuta Rumah, SMF Terbitkan Obligasi Rp 2 Triliun

"SMF selama ini sudah bekerja sama dengan 27 BPD. Sebenarnya ada 26 (yang konvensional), karena yang satu itu bank syariah," kata Direktur Sekuritas dan Pembiayaan SMF Heliantopo di kantornya, Jumat (13/7/2018).

Secara akumulatif, sejak 2006 hingga Juni 2018, jumlah dana yang telah dialirkan dari pasar modal ke sektor pembiayaan perumahan mencapai Rp 41,97 triliun.

Jumlah tersebut terdiri atas pembiayaan sebesar Rp 31,82 triliun dan sekuritisasi sebesar Rp 10,15 triliun.

Angka ini meningkat 28,58 persen bila dibandingkan dengan capaian pada semester yang sama tahun lalu, yakni Rp 32,64 triliun.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan, tujuan dijadikannya BPD sebagai target perseroan agar meningkatkan akses kepemilikan rumah bagi masyarakat di berbagai daerah.

"Pada 6 Juni lalu, SMF telah menyalurkan dana pembiayaan KPR kepada Bank BJB sebesar Rp 1,5 triliun," ujarnya.

Ananda berharap, pembiayaan perumahan di daerah dapat lebih terdorong secara optimal, sehingga kebutuhan perumahan dapat terpenuhi.

BPD dianggap memiliki keunggulan tersendiri, lantaran pangsa pasarnya sudah jelas yakni aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai BUMD.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.