Bingung Pilih Warna Rumah? Padukan Saja Semua - Kompas.com

Bingung Pilih Warna Rumah? Padukan Saja Semua

Kompas.com - 11/07/2018, 23:30 WIB
Rumah Casa TEC 2015 di Sierra Madre, Meksiko. Adrián Llaguno Rumah Casa TEC 2015 di Sierra Madre, Meksiko.

KOMPAS.com - Warna memainkan peran penting dalam pemilihan interior. Ketika memilih warna untuk bangunan, kebingungan sering melanda.

Apalagi jika memiliki banyak referensi rumah menarik yang ingin diikuti. Namun firma arsitektur Moeno Bock di Meksiko, telah merancang desain rumah dengan beragam warna.

Salah satu keunikan rumah ini adalah penggunaan berbagai macam warna baik pada interior maupun eksterior.

Beragam Warna

Terletak di pegunungan Sierra Madre, tepatnya di kota Monterrey dan dekat dengan lokasi Chipinque Ecological Park.  Rumah ini diberi nama Casa TEC 2015.

Struktur rumahnya sendiri terdiri dari warna merah muda, ungu, kuning, dan putih. Perpaduan warna ini sekaligus sebagai penghormatan bagi arsitek terkenal Meksiko, Luis Barragán dan Ricardo Legorreta.

Rancangan rumah ini juga bertujuan untuk mengenalkan arsitektur tradisional Meksiko yang kaya warna.

Dirancang dengan beragam warna cerah, Casa TEC 2015 berada di kota Monterrey dan dekat dengan lokasi Chipinque Ecological Park.Adrián Llaguno Dirancang dengan beragam warna cerah, Casa TEC 2015 berada di kota Monterrey dan dekat dengan lokasi Chipinque Ecological Park.
Setiap warna memberikan kesan dan karakter tersendiri pada setiap ruangan. Tim arsitek juga menggunakan wallpaper dengan warna-warna cerah pada beberapa bagian.

Unsur Meksiko juga dimasukkan dengan penggunaan ubin bermotif geometris. Tak lupa ubin ini juga memiliki warna cerah untuk memberikan kesan ceria pada interior rumah.

Hasilnya, rumah ini tampak bercahaya dan memiliki warna yang paling terang saat malam hari.

Menonjolkan lingkungan sekitar

Ketika membangun Casa TEC 205, eksterior luarlah yang menjadi prioritas utama. Tim ini menciptakan desain untuk melestarikan empat pohon besar yang ada di tempat pembangunan, serta, mengintegrasikannya ke dalam arsitektur rumah.

“Dalam konteks dimana pembangunan perumahan sering meruntuhkan semua kehidupan sebelumnya, kami memutuskan untuk tak hanya melestarikan pohon-pohon ini tetapi juga menjadikannya sebagai bagian dari proyek,” tutur salah seorang arsitek.

Tak hanya melestarikan pohon yang ada, namun tim arsitek ini juga menjaga kelangsungan hidup pohon-pohon tersebut.

Dirancang dengan beragam warna cerah, Casa TEC 2015 berada di kota Monterrey dan dekat dengan lokasi Chipinque Ecological Park.Adrián Llaguno Dirancang dengan beragam warna cerah, Casa TEC 2015 berada di kota Monterrey dan dekat dengan lokasi Chipinque Ecological Park.
Selain itu, tim arsitek juga menempatkan kamar tidur pada bagian bawah lantasi masuk rumah. Hal ini karena kondisi tanah yang menurun tajam pada bagian pintu masuk.

Kamar yang berada di bawah akan memiliki hawa yang lebih sejuk secara alami, selama musim panas di Monterrey.

Letak kamar ini memungkinkan bagian atas rumah diubah menjadi ruang publik untuk menikmati pemandangan sekitar.

Desain rumah ini bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan area dilaur ruangan dan pemandangan Sierra Madre yang menakjubkan.

Untuk itu, setiap ruangan di dalam rumah, bisa langsung terkoneksi dengan lingkungan luar.


Komentar
Close Ads X