Setengah Bangunan Kafe di Korea Ini Ada di Bawah Tanah

Kompas.com - 09/07/2018, 14:19 WIB
Desain interior Cafe Oriente, yang memadukan kesan minimalis dan unsur tradisional Yongjoon ChoiDesain interior Cafe Oriente, yang memadukan kesan minimalis dan unsur tradisional

KOMPAS.com - Desain interior yang terinspirasi dari desain tradisional kini marak digunakan sebagai salah satu pilihan dalam menghias ruangan.

Beberapa pakem tradisional pun juga digunakan untuk menunjukkan keunikan suatu bangunan.

Firma arsitektur LABOTORY memadukan gaya Hanok atau rumah tradisional Korea dan gaya minimalias dalam desain interior Cafe Oriente.

Cafe Oriente merupakan kafe yang menyediakan kudapan khas Korea. Oleh karena itulah, pihak LABOTORY sengaja membuat desain yang menyuguhkan sentuhan budaya Asia khususnya Korea dalam setiap sudutnya.

Berlokasi di ujung gang di Hannam-Dong, kafe ini dulunya merupakan sebuah toko peralatan elektronik.

Desainer interior kafe ini meberikan banyak elemen tradisional Korea, seperti penerapan bentuk ‘?’ dalam model bangunannya. Pada bagian tengah bangunan, ditempatkan taman kecil yang mencerminkan budaya Korea.

Bentuk ‘?’ ini juga diterapkan dalam beberapa tempat seperti bar tempat barista meracik minuman serta layout kursi pengunjung.

Area pengunjung di Cafe Oriente, memadukan gaya minimalis dan tradisionalYongjoon Choi Area pengunjung di Cafe Oriente, memadukan gaya minimalis dan tradisional
Penerapan bentuk ini merupakan salah satu trik, sehingga ada batas yang jelas antara area barista dan area pengunjung.

Desainer juga menempatkan sebuah lengkungan yang menempel dari langit-langit bar sampai ke bawah.

Desain lengkungan ini bertujuan memberikan sorotan pada bar, sehingga pandangan akan langsung terfokus pada area bar ketika memasuki ruangan. Desain ini juga diterapkan pada perabot dan furnitur built-in di dalam kafe.

Uniknya kafe ini juga dibuat tampak separuh berada di bawah tanah. Untuk mewujudkan hal ini desainer menerapkan pencahayaan tidak langsung yang dipasang di balik langit-langit area pengunjung.

Dengan menggunakan cahaya tak langsung, pengunjung dapat merasakan sensasi berada di kedalaman.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X