Menata Ranjang Susun untuk Tempat Tidur Banyak Orang - Kompas.com

Menata Ranjang Susun untuk Tempat Tidur Banyak Orang

Kompas.com - 08/07/2018, 11:47 WIB
Kamar dengan tempat tidur susun.patmarinelli.com Kamar dengan tempat tidur susun.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menginap menjadi momen yang sering kali ditunggu oleh banyak orang. Tak hanya mereka yang masih anak-anak, tetapi juga remaja hingga orang dewasa.

Namun kamar tidur mungil sering kali menjadi persoalan atas keterbatasan ruang untuk beristirahat.

Lantas, bagaimana cara menyiasati agar kamar tidur mungil tetap nyaman sebagai tempat untuk menginap?

Salah satu cara cerdik yang bisa dilakukan yakni dengan menggunakan bunk bed atau ranjang susun yang disusun vertikal.

Merancang dan menata bunk bed memang membutuhkan sebuah kecerdikan, agar kamar tetap rapi, simple dan stylish.

Berikut tips yang dirangkum Kompas.com dari Arsitag:

Sprei satu warna dipadukan sarung bantal dan guling bermotif sederhana.InMySweetDesign Sprei satu warna dipadukan sarung bantal dan guling bermotif sederhana.

1. Pilih warna sprei yang simpel

Kamar tidur dengan tiga ranjang atau lebih akan terasa lebih rapi dan luas bila disematkan sprei yang tepat.

Anda bisa memilih warna dasar atau putih, berpola sederhana dan tidak terlalu bercorak, untuk menghadirkan kesan kamar yang nyaman.

Desain kamar tidur untuk lebih dari 6 orang karya Asher Associates Architects.homebunch.com Desain kamar tidur untuk lebih dari 6 orang karya Asher Associates Architects.

2. Perhatikan usia para penghuni kamar

Ranjang susun yang ada di kamar tidur harus bisa mengakomodasi semua usia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Apalagi, jika sering ada tamu yang datang untuk menginap.

Anak-anak atau mereka yang berusia remaja, tentu lebih senang tidur di atas. Memanjat memberikan pengalaman menarik yang berbeda sesaat sebelum tidur.

Sementara para orang tua bisa memilih untuk tidur di bawah. Kamar tidur dengan susunan ranjang seperti ini bisa menampung lebih dari enam orang.

amar tidur dengan gaya tertentu akan sangat menarik terutama bagi anak-anak. Apalagi bila didesain dengan material dan bentuk yang unik karya Abby Hetherington Interiors.homedesignlover.com amar tidur dengan gaya tertentu akan sangat menarik terutama bagi anak-anak. Apalagi bila didesain dengan material dan bentuk yang unik karya Abby Hetherington Interiors.

3. Jangan abaikan faktor keamanan

Faktor keamanan harus sangat diperhatikan bila ingin meletakkan ranjang susun di kamar. Sebab, ranjang ini menjadi tempat tidur paling favorit bagi anak-anak.

Susunlah ranjang susun dengan bentuk L di pojok ruangan dan berilah pelindung ranjang atas agar aman digunakan.

Jarak antara matras ranjang bawah dengan dipan ranjang atas setidaknya 150 sentimeter agar kepala tidak terantuk.

Letakkan ranjang dengan ukuran yang lebih besar di bagian bawah dengan posisi tegak lurus. Hal ini untuk mengantisipasi bila ada anak-anak yang terjatuh ketika tidur di atas.

Selain itu, juga untuk memberikan kesan yang lebih lega saat digunakan.

Ranjang susun ini tidak perlu dipesan khusus. Sudah ada toko (ikea) yang menjualnya secara kolektif.Eucaliptosnon.com Ranjang susun ini tidak perlu dipesan khusus. Sudah ada toko (ikea) yang menjualnya secara kolektif.

4. Tempelkan merapat ke dinding

Tidak harus memesan ranjang khusus agar kamar tidur bisa memuat banyak orang. Ranjang berukuran sama juga bisa dibeli di toko mana pun, bisa diatur dan disusun dalam ruang sempit.

Pada bagian bawah ranjang tersedia rak untuk meletakkan barang bawaan. Ini merupakan cara cerdik untuk menyimpan barnag serta membuat ruangan tetap rapi, nyaman dan lega.

Ranjang susun tiga dengan posisi zig-zag pinterest Ranjang susun tiga dengan posisi zig-zag

5. Ranjang tiga susun

Jika memiliki ruangan sempit dengan langit-langit yang cukup tinggi, maka bisa memanfaatkan ranjang yang disusun tiga. Susunlah ranjang dengan posisi zig-zag di pojok ruangan demi menjaga keamanan ranjang paling atas.

Tambahkan besi atau kayu pelindung di pinggir ranjang untuk memastikan keamanannya. Agar ranjang paling atas tidak terlalu tinggi, sebaiknya ranjang paling bawah dibuat menempel dengan lantai.

4 ranjang kantilever bergaya kontemporer di rumah peternakan  karya  Magnolia Homes.homedesignlover.com 4 ranjang kantilever bergaya kontemporer di rumah peternakan karya Magnolia Homes.

6. Manfaatkan ruang selasar

Ide cerdik lain adalah meletakkan ranjang susun pada selasar yang cukup lebar.

Tempelkan sisi ranjang ke dinding. Manfaatkan kawat baja untuk menggantung ranjang. Tambahkan tangga sebagai akses, sekaligus penahan ranjang.

Bagi tamu yang menginap, ruang di bawah ranjang bawah bisa difungsikan untuk perletakan koper dan barang bawaan lainnya.

Bunk bed di bawah tangga.remodelista.com Bunk bed di bawah tangga.

7. Ruang di bawah tangga bisa berguna

Ruang bawah tangga yang biasanya tersia-sia, juga bisa dimanfaatkan sebagai area bunk bed.

Rak sebagai tangga pada ranjang susun.amenagementdesign.com Rak sebagai tangga pada ranjang susun.

8. Tangga bunkbed berupa rak

Cerdiklah dalam menyiasati keterbatasan ruang.

Ruang 3,5m x 1m sudah bisa menampung 2 bunk bed dan banyak rak. Tidak hanya fungsional, namun kreatif dan unik.

Ranjang susun dengan area bermainMy Dream House Ranjang susun dengan area bermain

9. Jadikan sekaligus ruang bermain

Ranjang susun untuk anak-anak haruslah nyaman, aman, dan menyenangkan. Desainlah tangga unik dengan tali tambang besar yang membantu anak-anak memanjat tangga. Sediakan pula papan seluncur.

Papan seluncur ini tidak hanya untuk bermain, tetapi akan lebih aman untuk turun saat bangun tidur dan mata anak
masih mengantuk.

Tiga bunk bed di bawah atap.Archimagz.com Tiga bunk bed di bawah atap.

10. Manfaatkan loteng di bawah atap

Ruang di bawah atap biasanya cukup luas, namun tidak terlalu tinggi. Susunlah tempat tidur secara berbaris, tidak perlu disusun ke atas.

Manfaatkan ruang di bawah atap semaksimal mungkin. Pikirkan susunan perletakan ranjang yang mungkin dan tetap perhatikan segi kenyamanan.

Perhitungkan jumlah orang yang perlu ditampung dalam kamar tidur. Pikirkanlah ide-ide kreatif yang bisa diterapkan dalam ruangan yang dimiliki.

Ingatlah, tidak ada batasan dalam mendesain. Namun, perlu dicatat bahwa ruangan itu harus fungsional untuk menampung semua kebutuhan.


Komentar
Close Ads X