Langkah Efektif Menangkal Panas Cahaya Matahari

Kompas.com - 07/07/2018, 17:01 WIB
Desain rumah kecil berukuran 37 meter persegi namun tetap luas. Apartementtherapy.comDesain rumah kecil berukuran 37 meter persegi namun tetap luas.

KOMPAS.com - Meski cahaya matahari mampu mencegah depresi dan bisa membuat orang gembira, namun kelebihan cahaya memiliki efek yang merugikan.

Di negara-negara tropis seperti Indonesia, cahaya matahari yang terlalu banyak masuk ke dalam rumah malah membuat rumah menjadi panas.

Akibatnya suhu ruangan akan meningkat. Selain itu silau cahaya matahari yang masuk bisa mengganggu penglihatan penghuninya.

Beberapa ruangan di dalam rumah memiliki kebutuhan intensitas cahaya yang berbeda. Untuk beberapa ruangan seperti dapur, ruang kerja, anak tangga, dan taman cahaya langsung dari sinar matahari sangat baik dan cocok dengan fungsi ruangan.

Sementara ruangan yang sering digunakan untuk beristirahat, seperti kamar tidur, ruang makan atau ruang keluarga, maka lebih baik gunakan cahaya yang dibelokkan atau cahaya pantul.

Nah langkah-langkah ini dapat Anda aplikasikan untuk ruangan yang memiliki intensitas cahaya matahari tinggi

Menambah kanopi pada jendela

Memperpanjang pinggiran atap rumah dengan membuat beranda pada bagian yang paling banyak tertimpa sinar matahari.

Bisa juga dengan menambahkan kanopi di sebelah luar jendela. Penambahan ini mampu menghalau sinar matahari yang terlalu menyengat.

Tirai Tirai
Menggantungkan tirai

Cara paling mudah adalah dengan menambahkan tirai pada setiap jendela dan celah. Kemampuan tiap tirai dalam mengahalau panas sinar matahari berbeda-beda, tergantung dari bahan pembuat dan ketebalannya.

Menurut studi Departemen Energi (DOE) Amerika, menggunakan tirai yang dilengkapi bahan plastik pada bagian belakangnya, mampu mengurangi panas sebesar 33 persen.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X