Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Rumah Ini “Menggantung” di Sisi Bukit

Kompas.com - 07/07/2018, 13:21 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Matt Thitchener Architect membuat desain “The Studio”, sebuah ruang apartemen multifungsi yang dibangun seakan “menggantung” di sisi lembah.

Rumah di North Avoca, Australia ini sebenarnya merupakan blok miring yang terletak di belakang bangunan utama. Akses ke tempat ini sangat terbatas, hanya bisa melalui tangga yang terbuat dari baja galvanis.

Melansir dari laman Matt Thitchener, menghadap laut Pasifik, tempat ini dibangun sebagai ruang untuk meditasi, bekerja, sekaligus hiburan.

Strukturnya dibangun dari dua pilar beton, yang mendukung bangunan di depan. Blok apartemen ini juga dilengkapi dengan struktur ganda pilar-pilar baja yang menopang keseluruhan bangunan. Sementara bagian belakang diletakkan balok pengikat.

Secara keseluruhan konsep rumah ini mirip dengan rumah panggung. Bahkan karena kondisi struktur tanah yang miring, sehingga memerlukan desain pondasi yang sesuai.

Desain yang baik meminimalisir penggunaan pondasi dan juga mengurangi biaya dengan membagi beban menjadi dua jalur ke bawah.

Di dalam rumah, terdapat sebuah ruangan luas tanpa sekat yang menyajikan pemandangan 180 derajat lingkungan rumah. Dari ruangan ini pula terlihat hamparan laut yang dapat dinikmati oleh pemilik rumah.

Rumah ini memiliki pintu kaca geser dari dinding dan lantai ke arah langit-langit yang mengarah ke balkon.

Desain ?The Studio?, sebuah ruang apartemen multifungsi yang dibangun seakan ?menggantung? di sisi lembah.Matt Thitchener Architect Desain ?The Studio?, sebuah ruang apartemen multifungsi yang dibangun seakan ?menggantung? di sisi lembah.
Meski terbuat dari kaca, namun pintu ini juga mampu melindungi ruangan dari badai dan angin kencang.

Bangunan ini juga dilengkapi dengan kamar mandi, bar, serta ruang kerja.

Meski terbuka dengan pintu dan jendela kaca yang besar, namun ruangan ini dilengkapi dengan tirai besar yang menjaga privasi penghuninya, sekaligus membuat tampilan dalam ruangan terlihat lebih menentramkan.

Penerangan juga diatur agar cahaya mampu tersebar ke seluruh bagian ruangan.

Sepanjang sisi Utara rumah, jendela bi-fold terpasang sehingga penghuni dapat langsung merasakan suasana lingkungan sekitar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com