Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Store, Oase di Tengah Hiruk Pikuk Macau

Kompas.com - 03/07/2018, 23:15 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Firma arsitektur Foster+Partners baru saja merilis foto terbaru Apple Store Macau atau yang lebih dikenal dengan nama Apple Cotai Central. 

Pada foto-foto tersebut, terlihat rangkaian bambu menghiasi halaman depan dan atrium. Penggunaan tanaman bambu ini dimaksudkan sebagai sumber ketenangan di tengah hiruk pikuk kota Macau.

Toko ini baru saja dibuka pada 29 Juni lalu, dan merupakan perpaduan antara teknologi, hiburan, dan seni yang melebur bersama dan memberi andil untuk lingkungan sekitar.

Melansir laman Foster+Partners, desain bangunan ini terbentuk atas kolaborasi Foster+Partners dan tim desain Apple yang dipimpin oleh Sir Jonathan Ive yang juga merupakan Chief Design Officer dari pihak Apple.

Sebelumnya, kolaborasi ini menghasilkan dua Apple Store di Michigan Avenue, Chicago dan Regent Street, London.

Tampak interior bangunan Apple Cotai Store yang dihiasi pohon bambu pada bagian tengah atrium.Foster+Partners Tampak interior bangunan Apple Cotai Store yang dihiasi pohon bambu pada bagian tengah atrium.

Terletak di jantung kota Macau, toko ini dilengkapi dengan rangkaian bambu yang dipasang di area plaza toko menuju ke pintu masuk.

Apple Cotai Central memang dikonsep sedemikian rupa sehingga menyerupai lentera kertas yang bercahaya.

Desain bangunan ini terbagi menjadi dua bagian yang terpisah, di dalam dan luar dengan menggunakan bahan alami yang inovatif.

Pada bagian eksterior, bangunan berbentuk kubus ini dihiasi dengan pola-pola geometeri dan terlihat bercahaya dari kejauhan.

Ketika malam, rangkaian pohon bambu di depan akan terlihat bersinar oleh cahaya lampu.
Di dalamnya pengunjung bisa menikmati lanskap interior yang dikelilingi oleh panel batuan yang bercahaya.

Pada bagian tengah atrium, dipasang rimbunan tanaman bambu yang menjulang ke atas. Pohon bambu ini seakan tumbuh menembus lantai bagian atas gedung.

Lantai atas interior gedung Apple Cotai Store Macau. Meja display ditata sedemikian rupa dan menonjolkan tanaman bambu yang menjulang dari lantai di bawahnya.Foster+Partners Lantai atas interior gedung Apple Cotai Store Macau. Meja display ditata sedemikian rupa dan menonjolkan tanaman bambu yang menjulang dari lantai di bawahnya.
Gedung ini juga dilengkapi dengan dua tangga besar yang juga terbuat dari batu. Meja pameran ditata untuk memaksimalkan pemandangan rumpun bambu di tengah atrium.

Eksterior bangunan sendiri terbuat dari panel batu kaca yang akan bersinar saat siang hari, sehingga mampu memberi penerangan alami pada gedung.

Seorang pengunjung berdiri di depan panel batu kaca di dalam gedung Apple Cotai Store Macau. Foster+Partners Seorang pengunjung berdiri di depan panel batu kaca di dalam gedung Apple Cotai Store Macau.
Penerangan ini juga didukung dengan penggunaan kaca pada lantai dasar gedung sehingga mampu memantulkan cahaya yang menerangi seluruh ruangan.

Penggunaan kaca ini seakan meniadakan batas dengan rimbunan tanaman bambu di luar gedung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com