Begini Cara Usir Bau Tak Sedap dengan Potpourri - Kompas.com

Begini Cara Usir Bau Tak Sedap dengan Potpourri

Kompas.com - 03/07/2018, 20:24 WIB
Tentu, Anda juga bebas menambahkan berbagai ornamen cantik atau kebutuhan Anda pada permukaan meja kopi. Anda bisa menambahkan lilin terapi aroma dengan keharuman kesukaan Anda, atau yang lainnya. Bebaskan diri Anda dalam mempercantik meja kopi dan ruang tamu!http://ab.weimgs.com Tentu, Anda juga bebas menambahkan berbagai ornamen cantik atau kebutuhan Anda pada permukaan meja kopi. Anda bisa menambahkan lilin terapi aroma dengan keharuman kesukaan Anda, atau yang lainnya. Bebaskan diri Anda dalam mempercantik meja kopi dan ruang tamu!

KOMPAS.com - Ruangan berbau tak sedap? Jangan khawatir Anda bisa menggunakan potpourri sebagai salah satu wewangian di dalam rumah. 

Potpourri adalah campuran bahan-bahan kering organik yang memiliki aroma atau wangi tertentu. Wangi dari campuran bahan ini bisa digunakan sebagai pengharum ruangan.

Karena terbuat dari bahan yang dikeringkan, potpourri dapat bertahan lama hingga berbulan-bulan.

Potpourri bisa dipajang di ruang tamu sebagai hiasan sekaligus sumber wewangian. Benda ini juga cocok diletakkan di berbagai area rumah jika dikemas dengan menarik. 

Baunya yang wangi dan menentramkan akan memberikan rasa nyaman ke seluruh penghuni rumah.

Kelebihan potpourri lainnya adalah Anda masih bisa menikmati aromanya dengan menambahkan minyak esensial (essential oil) meski wanginya sudah mulai memudar.

.VIA THINKSTOCK .

Anda bisa membeli potpourri yang sudah dalam kemasan siap pakai. Namun jika ingin membuat sendiri, Anda bisa mengikuti langkah-langkah ini:

Bahan:

  • Bunga (bunga kering, terutama mawar merupakan bahan yang sering digunakan)
  • Irisan buah jeruk atau lemon,
  • Daun-daunan dengan aroma yang khas,
  • Rempah-rempah,
  • Minyak esensial,
  • atau bahan beraroma alami lainnya.

Alat:

  • Gunting,
  • Loyang
  • Kertas perkamen sebagai pelapis loyang,
  • Botol semprot,
  • Oven

Langkah membuat Potpourri:

  1. Gunakan cengkeh, merica Jamaika (allspice), dan kayu manis. Wangi potpourri jenis ini biasanya cenderung “pedas”.
  2. Jika tidak menyukai wangi bahan ini, Anda bisa menggunakan pengharum ruangan udara alami dari kayu putih (eucalyptus) atau menggantinya dengan bunga seperti mawar yang beraroma kuat. Bunga yang memiliki kelopak kecil juga bisa digunakan. Anda juga bisa mencampurnya dengan irisan buah lemon atau jeruk. Masing-masing bau akan memberikan kesan tersendiri.
  3. Panaskan oven dengan suhu 100 derajat celsius. Jika tidak memiliki oven, Anda bisa mengeringkan bahan di bawah sinar matahari. Namun cara ini akan memakan banyak waktu, karena potpourri harus kering sempurna agar bisa digunakan dalam waktu lama.
  4. Siapkan loyang dan lapisi dengan kertas perkamen. Kemudian potong bunga atau bahan-bahan yang akan dijadikan potpourri. Khusus untuk bunga, potong tangkai dan sisakan bagian kepalanya saja. Kemudian letakkan pada bagian atas loyang.
  5. Agar wangi potpourri semakin bertambah, potong bahan lain seperti buah-buahan dengan wangi sitrus secara tipis.
  6. Campurkan semua bahan (kecuali minyak esensial) ke dalam loyang.
  7. Tambahkan 10 sampai 15 tetes minyak esensial ke botol semprot kecil. Setelah itu semprotkan minyak esensial ke bahan potpourri. Lalu masukkan bahan-bahan tersebut ke dalam oven.
  8. Tunggu hingga satu atau dua jam hingga bahan potpourri kering sempurna. Setelah selesai, keluarkan potpouri dari oven dan semprotkan lagi dengan minyak esensial.
  9. Diamkan potpourri dalam suhu ruang lalu campurkan ke dalam wadah. Untuk menambah wangi aslinya, semprotkan lagi minyak esensial.
  10. Tempatkan pada wadah atau botol cantik, agar bisa dipajang di ruang tamu rumah. Anda juga bisa meletakkannya dalam kantung cantik untuk dihadiahkan kepada kerabat atau teman.
  11. Potpourri pun siap digunakan.



Close Ads X