Ikuti Langkah Efektif Kurangi Suara Bising dari Luar Rumah - Kompas.com

Ikuti Langkah Efektif Kurangi Suara Bising dari Luar Rumah

Kompas.com - 03/07/2018, 13:00 WIB
Suara bising bisa diakali dengan kaca tebal, penggunaan karpet, dan trik sederhana lainnya.www.remodelista.com Suara bising bisa diakali dengan kaca tebal, penggunaan karpet, dan trik sederhana lainnya.

KOMPAS.com - Anda sering terganggu dengan suara- suara bising dari luar rumah? Suara berisik merupakan hal yang tidak diinginkan. Apalagi jika rumah Anda terletak di pinggir jalan raya dengan volume kendaraan yang cukup padat.

Suara-suara berisik pastinya mengganggu kenyamanan penghuni rumah. Suara berisik dapat mengakibatkan gangguan fisik dan kejiwaan kalau kebisingan itu berlangsung terus menerus.

Jika Anda terganggu dengan suara-suara tersebut, cobalah untuk mengurangi suara berisik dengan cara-cara di bawah ini:

Menanam semak dan pohon

Cara paling mudah mengurangi suara bising adalah dengan menanam semak-semak dan pepohonan sepanjang pagar halaman depan.

Semak dan pohon dapat berfungsi sebagai tabir yang mampu mengurangi suara bising, jika tebal daunnya mencapai 75 sentimeter.

Anda bisa memilih tanaman perdu yang memiliki dedaunan warna-warni agar sedap dipandang. Hamparan rumput di halaman depan juga mampu mengurangi suara berisik.

Namun jika jalan raya letaknya lebih tinggi dari rumah, maka keberadaan semak dan rumput menjadi kurang bermanfaat, karena suara dari jalan akan dengan mudah masuk ke dalam rumah.

Oleh karena itu, Anda bisa meletakkan gundukan tanah sebagai pembatas antara rumah dan jalan raya.

Terakhir, bersihkan jendela rumah Anda. Selain membuat rumah tampak lebih menarik, jendela yang bersih juga mampu memasukkan lebih banyak sinar matahari.www.shutterstock.com Terakhir, bersihkan jendela rumah Anda. Selain membuat rumah tampak lebih menarik, jendela yang bersih juga mampu memasukkan lebih banyak sinar matahari.

Mengalihkan celah atau jendela ke samping rumah

Jika sumber bising rumah berada di depan, maka Anda bisa menutup semua celah, seperti lubang angin di depan rumah dan mengalihkannya ke samping atau jauh dari sumber suara bising.

Meniadakan jendela atau mengurangi jumlah jendela di rumah juga bisa membantu namun hal ini malah akan mengurangi pasokan udara bersih masuk ke dalam rumah.

Cara lain adalah dengan memasang kaca dengan ketebalan satu sentimeter, jangan kurang dari itu. Karena umumnya semakin lebar ukuran kaca, maka semakin besar getaran suara yang bisa ditembus melewatinya.

Hal ini hanya bisa diatasi dengan memperkecil ukuran kacanya atau membuat jendela rangkap dengan jarak 10 sentimeter.

Melapisi jendela dengan tirai

Jika memindah jendela atau memasang ulang kaca membutuhkan banyak iaya, Anda bisa mengganti tirai jendela dengan tirai yang mampu meredam suara bising.

Pasang tirai yang memiliki kerutan dan terbuat dari bahan yang tebal, seperti beludru. Anda juga bisa menggantinya dengan tirai yang memang dibuat khusus untuk mencegah suara masuk ke dalam rumah, dan biasanya terbuat dari bahan wol tebal.

Pintu depan rumah

Jika pintu menghadap ke jalan raya atau sumber suara bising, sebaiknya gunakan bahan pintu yang kenyal dari papan yang cukup tebal.

Sementara itu, jika masih ditemukan celah di daun pintu, Anda bisa menutupnya dengan karet atau bahan elastis lainnya.

Selain itu jangan menempatkan pintu di dalam rumah yang langsung berhadapan dengan pintu depan, agar suara bising tidak langsung bisa masuk ke rumah.


Komentar
Close Ads X