Terkait Tol Solo-Ngawi, Wali Kota Usul Ada Pintu Masuk-Keluar di Solo

Kompas.com - 03/07/2018, 08:43 WIB
Tol Solo-Ngawi PT Jasamarga Solo NgawiTol Solo-Ngawi

SOLO, KOMPAS.com - Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengusulkan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar ada pintu masuk-keluar Tol Solo-Ngawi langsung di wilayah Kota Solo. Pasalnya tidak ada satu pun gerbang tol (GT) yang dibangun di wilayah kota ini.

"Kami mengusulkan ke Menteri PUPR agar kota Solo ada pintu masuk dan keluar jalan tol. Ini kan tidak punya sama sekali," ujar Rudy kepada Kompas.com, Senin ( 2/7/2018) siang.

Baca juga: Tarif Tol Solo-Ngawi Lebih Murah dari yang Diusulkan

Menurut Rudy kehadiran GT yang dibuka di wilayah Solo akan memudahkan mobilitas warga masuk ke dan keluar dari kota kelahiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini.

Untuk itu Pemkot Solo akan berupaya maksimal agar GT dibangun di wilayah ini

"Soal lokasi nanti biar Menteri PUPR yang menunjuknya," kata Rudy. 

Rudy menuturkan, tidak hanya memudahkan mobilitas warga, kehadiran jalan bebas hambatan ini secara ekonomi bakal berdampak pada masyarakat Solo dan sekitarnya.

Hanya, sejauh dan seberapa signifikan dampaknya Rudy belum dapat memprediksi.

Tol Solo-NgawiPT Jasamarga Solo Ngawi Tol Solo-Ngawi
"Kami tunggu dulu operasional. Tetapi saya berkeyakinan ada dampaknya secara ekonomi dari keberadaan jalan tol," cetus Rudy.

Bagi Rudy, Solo merupakan kota unik, majemuk dan banyak tujuan wisata. Multiwisata itu mulai dari kuliner, batik, maupun museum.

Untuk itu, Pemkot Solo telah membuat konsep pariwisata secara komprehensif yang menggabungkan antara pariwisata seni dan pertunjukkan, dengan kuliner yang mulai mapan hingga pelayanan jasa.

Sementara itu ketika ditanya terkait tumbuhnya sentra-sentra ekonomi baru sebagai dampak kehadiran Jalan Tol Solo-Ngawi, Rudy mengatakan belum ada.

Namun demikian, Rudy menyebut beberapa destinasi wisata baru yang bakal menjadi andalan bagi Kota Solo. 

Destinasi itu berupa kuliner Galabo, wisata air di Tirtonadi dan Taman Satwa Jurug dengan andalan pelangi air mancurnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X