Jangan Sembarang Menempatkan Lilin Aromaterapi - Kompas.com

Jangan Sembarang Menempatkan Lilin Aromaterapi

Kompas.com - 28/06/2018, 16:46 WIB
Lilin aromatherapy, salah stau produk kreatif dari peserta Program Keluarga Harapan di Kabupaten Malang.KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Lilin aromatherapy, salah stau produk kreatif dari peserta Program Keluarga Harapan di Kabupaten Malang.

KOMPAS.com - Lilin aromaterapi bekerja dengan baik untuk memengaruhi mood. Selain sebagai pengharum, lilin aromaterapi juga bisa dijadikan penghias ruangan.

Lilin mampu membuat ruangan terlihat lebih elegan dan berkelas. Bahkan, para desainer menggunakan bahan ini sebagai sentuhan akhir untuk ruangan.

Namun begitu, masih ada beberapa orang yang takut menggunakan material ini karena dianggap berbahaya.

Agar lebih aman, jangan pernah meletakkan lilin di tempat yang gampang dijangkau, khususnya anak-anak dan hewan peliharaan.

Anda juga perlu membeli snuffer atau alat pemadam api lilin. Alat ini biasanya berupa gagang dengan kerucut logam di ujungnya.

Selain menempatkan lilin dalam kondisi aman, Anda juga perlu memperhatikan penempatan lilin agar tidak merusak tampilan ruangan.

Penempatan

Tempatkan lilin di beberapa lokasi yang berbeda. Anda bisa menempatkan lilin di sudut-sudut ruangan.

Di area kering kamar mandi, pemilik rumah bisa menempatkan berbagai aksesoris, mulai dari cermin, lilin aromaterapi, dan hairdryer. houzz.com Di area kering kamar mandi, pemilik rumah bisa menempatkan berbagai aksesoris, mulai dari cermin, lilin aromaterapi, dan hairdryer.
Aroma lilin yang datang dari beberapa sudut akan menimbulkan cahaya lembut di sekeliling ruangan. Lilin bisa ditempatkan di mana saja, seperti bufet, meja bar, atau ambang jendela.

Jumlah lilin

Melansir Strait Times, idealnya, Anda membutuhkan 180 gram sampai 200 gram lilin aromaterapi untuk setiap ruang dengan ukuran 10 meter persegi.

Ruang yang lebih luas mungkin membutuhkan tiga atau empat buah lilin agar aromanya mampu menguar ke seluruh ruangan.

Koleksi cermin yang diletakkan pada permukaan dinding bisa bervariasi ukuran, gaya dan bentuknya.The Denver Post/Marni Jameson Koleksi cermin yang diletakkan pada permukaan dinding bisa bervariasi ukuran, gaya dan bentuknya.
Meletakkan cermin

Cermin dapat memberikan pantulan sempurna pada cahaya lilin. Tempatkan beberapa buah lilin dengan ukuran berbeda di depan cermin.

Pantulan cahaya dari lilin akan membuat ruangan terlihat lebih menawan.

Gantungan atau tempat lilin

Lilin tak hanya bisa diletakkan di meja. Anda bisa menggantungkannya di dinding. Pilih gantungan lilin yang berdesain menarik dan cocok dengan interior ruangan, seperti warna dan bentuk.

Memilih gantungan yang tepat justru jadi salah satu trik agar bentuk unik lilin aromaterapi dapat terlihat lebih menarik. Tempat lilin juga memiliki beragam varian tergantung desain dan bahan.

Ilustrasi aromaterapiShutterstock Ilustrasi aromaterapi
Tempat lilin bisa menjadi salah satu ornamen dekorasi ruangan. Sama seperti memilih gantungan, pilih tempat lilin yang sesuai dengan dekorasi.

Anda juga bisa membuat tempat lilin dari barang-barang yang ada di rumah. Bongkar semua barang yang sudah tidak terpakai dan cari benda-benda yang bisa digunakan.

Tapi ingat, jangan gunakan barang yang mudah terbakar.

Salah satu barang yang bisa digunakan adalah toples kaca. Kumpulkan toples yang Anda temukan kemudian kreasikan dengan pita atau cat.

Tea light

Agar ruangan semakin menawan, tempatkan tea light dalam beberapa piring cawan. Cahaya yang dihasilkan dari banyak tea light akan memperindah tampilan.

Tempatkan dalam beberapa kelompok agar nyala lilin mampu menerangi seluruh ruangan.

Aromaterapi dikenal sebagai salah satu cara terapi kesehatan yang aman dan nyaman dengan menggunakan minyak esensial atau sari pati hasil ekstrak bunga, daun, buah dan bagian lain tumbuh-tumbuhan. Senyawa aromatik yang menjadi kandungan utamanya dapat mempengaruhi suasana hati atau kesehatan.Shutterstock Aromaterapi dikenal sebagai salah satu cara terapi kesehatan yang aman dan nyaman dengan menggunakan minyak esensial atau sari pati hasil ekstrak bunga, daun, buah dan bagian lain tumbuh-tumbuhan. Senyawa aromatik yang menjadi kandungan utamanya dapat mempengaruhi suasana hati atau kesehatan.
Beberapa tips dalam menggunakan lilin aromaterapi


  • Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, jangan menempatkan lilin aromaterapi di ruang makan. Beberapa orang memiliki alergi pada wewangian yang memiliki aroma khusus seperti lilin aromaterapi. Selain itu, wangi lilin juga dapat memengaruhi aroma makanan yang dihidangkan.
  • Jika menempatkan lilin di meja, pastikan agar lilin tidak melintang pada seluruh bagian meja. tempat beberapa ornamen seperti bunga agar lilin terlihat lebih cerah.
  • Panjang sumbu mempengaruhi kualitas nyala api. Sebelum menyalakan, potong sumbu hingga sepanjang 0,5-0,6 sentimeter. Sumbu yang terlalu panjang dapat membuat nyala api akan semakin besar. Selain itu, sumbu yang terlalu panjang akan menghasilkan asap yang mengganggu aroma lilin itu sendiri.

Komentar
Close Ads X