Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Pastikan Kualitas Sarana-Prasarana Asian Games 2018

Kompas.com - 24/06/2018, 16:12 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta seluruh pekerjaan penataan kawasan Gelora Bung Karno (GBK) dilakukan maksimal. Pasalnya, meski baru saja diperbaiki, ada sejumlah kerusakan yang terlihat di beberapa titik.

Hal itu dijumpai Basuki ketika meninjau Kompleks GBK Senayan pada Minggu (24/6/2018) pagi. Salah satu kerusakan tersebut terlihat di area pedestrian yang berada di sekitar patung Bung Karno.

Padahal, lokasi tersebut nantinya akan menjadi pusat kegiatan penyerahan sarana dan prasarana serta penanda pelaksanaan Asian Games ke-18.

Baca juga: Dengan Golf Car, Basuki Cek Kesiapan Sarana-Prasarana Asian Games

"Ini tolong dirapikan. Kualitas kerjaan kita dilihat dari ini. Ini dirapikan, tolong dicek sedetailnya," kata Basuki.

Bekas tanah merah yang belum bersih di depan taman patung Bung Karno di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (24/6/2018). Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meminta agar seluruh pekerjaan yang belum rapi dibereskan sebelum Asian Games digelar.Kompas.com / Dani Prabowo Bekas tanah merah yang belum bersih di depan taman patung Bung Karno di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (24/6/2018). Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meminta agar seluruh pekerjaan yang belum rapi dibereskan sebelum Asian Games digelar.

Selain itu, Basuki juga mendapati adanya pekerjaan kanal di depan Stadion Utama GBK yang kumuh. Kanal tersebut tampak kering dan hanya didapati genangan air kotor.

Padahal, menurut Basuki, semestinya terdapat air yang mengalir pada kanal tersebut.

"Kita akan bikin sumur bor untuk bisa jadi sumber air. Ini hanya tinggal pernak-pernik, hal kecil yang perlu kita perbaiki," kata Basuki.

Salah satu kanal yang terlihat kotor di depan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (24/6/2018).Kompas.com / Dani Prabowo Salah satu kanal yang terlihat kotor di depan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (24/6/2018).

Basuki menegaskan, saat ini masih ada waktu untuk melakukan perbaikan pada pekerjaan yang rusak, sebelum Asian Games diselenggarakan.

Bila kerusakan tersebut didiamkan, akan menjadi cacat kecil yang mengganggu di kemudian hari.

"Cacat kecil pasti tidak ada yang memperhatikan, selamanya akan seperti itu. Sekarang ini Insya Allah masih bisa, masih masa pemeliharaan," ujarny

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com