Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabtu-Minggu Ini Diperkirakan Puncak Arus Balik di Tol Tangerang-Merak

Kompas.com - 20/06/2018, 18:11 WIB
Erwin Hutapea

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Marga Mandalasakti sebagai pengelola Tol Tangerang-Merak memperkirakan arus balik yang melintasi ruas tol itu terjadi pada H+7 dan H+8 , tepatnya Sabtu dan Minggu (23 dan 24 Juni 2018).

Para pemudik yang akan kembali lewat tol Tangerang-Merak berasal dari Pulau Sumatera dan  obyek wisata di wilayah Anyer-Carita-Tanjung Lesung yang menggunakan kendaraan roda empat.

"Puncak arus balik diprediksi jatuh pada H+7 dan H+8 atau Sabtu dan Minggu ini. Kami perkirakan puncak arus balik diikuti dengan penyeberangan di Pelabuhan Merak yang terjadi tanggal 23 dan 24 Juni nanti," kata Kepala Divisi Hukum dan Humas PT Marga Mandalasakti Indah Permanasari dalam pernyataan resminya, Rabu (20/6/2018).

Dia mengatakan, pihaknya memprediksi peningkatan arus balik tahun ini sekitar 18 persen bila dibanding rata-rata harian normal atau sebanyak 165.475 kendaraan.

Baca juga: Sudah 730.699 Kendaraan Melintas Tol Tangerang-Merak hingga H-3

Jika dibandingkan dengan Lebaran tahun 2017, prediksi kenaikan jumlah kendaraan itu sebesar 5,67 persen untuk periode yang sama.

Selain itu, banyaknya kendaraan pada arus balik kali ini juga ditambah dari wisatawan di Pantai Anyer dan Carita yang terhitung 51.199 kendaraan.

Untuk menghadapi arus balik, ujar Indah, pihaknya membuka 89 gardu di 10 gerbang tol yang terdiri dari 7 gardu dua arah dan 5 gardu tandem.

Komposisinya ada 23 gardu yang terdiri atas 12 gardu masuk, 9 gardu keluar, dan 2 gardu ramp.

Semua gerbang tol tersebut menerapkan sistem transaksi non-tunai menggunakan kartu tol elektronik.

Maka dari itu, disarankan kepada pengguna jala tol agar memastikan kecukupan saldo kartunya sebelum melewati gerbang tol.

Indah menambahkan, pihaknya juga membatasi kendaraan berat saat arus balik di Tol Tangerang-Merak dengan rincian yaitu mobil barang dengan berat lebih dari 14.000 kg, sumbu 3 atau lebih, serta mobil barang dengan kereta tempelan dan gandengan.

Selain itu, mobil barang juga dibatasi pada Jumat (22/62018) pukul 00.00 WIB sampai Minggu (24/6/2018) pukul 24.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com