Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Cipali Makin Padat, "Contraflow" dan "One Way" Diberlakukan

Kompas.com - 20/06/2018, 14:11 WIB
Erwin Hutapea

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada H+5 Lebaran atau Rabu (20/6/2018), arus balik makin terasa dengan adanya kepadatan lalu lintas di Tol Cikopo-Palimanan atau Cipali ke arah Jakarta sehingga diberlakukan contraflow dan one way di sejumlah titik.

Menurut informasi yang diterima Kompas.com dari PT Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku pengelola Tol Cipali, pada pukul 11.15 WIB diberlakukan contraflow mulai Km 169 sampai Km 162+600 dari arah Palimanan ke Cikampek.

Contraflow ini bersifat sementara dengan sistem buka tutup, tergantung situasi di lapangan.

Sebelumnya, contraflow sudah berlaku mulai Km 132 sampai Km 129 pada pukul 07.30 WIB dari arah Palimanan menuju Cikampek, juga dengan sistem buka tutup, tergantung situasi.

Di lokasi lain, contraflow juga diterapkan mulai Km 104 sampai Km 100 dari arah Cirebon ke Jakarta pada pukul 12.30 WIB.

Sementara itu, mulai Km 87+400 sampai Km 85+800 diberlakukan one way dari arah Palimanan ke Jakarta pada pukul 13.15 WIB.

Baca juga: Ini Tanggapan Pemilik Tol Cipali Terkait Komentar Ketua Komisi V DPR

GM Operational PT LMS Suyitno mengatakan bahwa volume arus balik mulai meningkat pada H+5 pagi ini.

“Kami sarankan kepada pemudik yang melintasi Tol Cipali untuk keluar jalur tol jika ingin beristirahat karena beberapa titik rest area masih terjadi kepadatan,” ucap Suyitno melalui keterangannya pada Rabu (20/6/2018) siang.

Dia juga mengimbau pengguna jalan agar tidak beristirahat di bahu jalan demi keselamatan bersama.

Untuk mengurangi kepadatan kendaraan di jalan tol, pihaknya membagikan peta dan buku wisata kuliner Tol Cipali Km 130 B dan Km 86 A pada siang ini.

Diharapkan, peta dan buku itu bisa membantu pengguna jalan untuk mengambil alternatif di luar Tol Cipali untuk beristirahat, mengisi bahan bakar minyak, ataupun berwisata di kota-kota sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com