Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Bernardus Djonoputro
Ketua Majelis Kode Etik, Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP)

Bernardus adalah praktisi pembiayaan infrastruktur dan perencanaan kota. Lulusan ITB jurusan Perencanaan Kota dan Wilayah, dan saat ini menjabat Advisor Senior disalah satu firma konsultan terbesar di dunia. Juga duduk sebagai anggota Advisory Board di Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan, Institut Teknologi Bandung ( SAPPK ITB).

Selain itu juga aktif sebagai Vice President EAROPH (Eastern Region Organization for Planning and Human Settlement) lembaga afiliasi PBB bidang perencanaan dan pemukiman, dan Fellow di Salzburg Global, lembaga think-tank globalisasi berbasis di Salzburg Austria. Bernardus adalah Penasehat Bidang Perdagangan di Kedubes New Zealand Trade & Enterprise.

Pengalaman Relijius di Pusat Peradaban Jakarta

Kompas.com - 19/06/2018, 21:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

BULAN lalu saya mendapat pengalaman luar biasa, yang semakin melekatkan cinta kepada Tanah Air ini. Sebuah pengalaman batin kecil yang didapat hanya dari menapaki beberapa sudut kota Jakarta.

Ibu kota lebih kejam dari ibu tiri. Itulah adagium yang selalu dikumandangkan. Seperti kota keras New York, Tokyo, London, Rio de Janeiro, Jakarta adalah kulminasi tekanan sosial, lambang keberagaman, sekaligus puncak usaha manusia untuk bertahan di tengah zaman urbanisasi.

Sudut-sudut Jakarta semakin terlihat berjuang keras untuk menciptakan vibrancy sebagai kota bagi warganya. Budayanya yang kosmopolitan menciptakan rona kota yang begitu memesona, terselip di antara keriuhan masyarakat yang keras, kompetitif dan beragam.

Nah, pada bulan lalu itu saya berjalan keliling Jakarta ke bagian pusat dan kota tua, untuk napak tilas ke beberapa lokasi patung Bunda Maria. Ziarah atau napak tilas beberapa patung Maria sebagai lambang rahmat Allah.

Umat Katolik menghormati Bunda Maria secara khusus karena peran istimewanya sebagai ibu Yesus, seorang ibu yang dipenuhi rahmat Allah dalam dirinya. Adorasi terhadap Bunda Maria merupakan wujud cinta dan iman, sekaligus menjadi sebuat tradisi bagi masyarakat penganut Katolik.

Hari Selasa, Mei itu bertepatan dengan hari raya Trisuci Waisak, atau Vesakha, di mana umat memperingati tiga peristiwa penting yaitu kelahiran Pangeran Sidharta Gautama, tercapainya penerangan sempurna oleh pertapa Gautama, dan mangkatnya sang Budha Gautama.

Kelahiran, penerangan dan kematian pada bulan purnama, sebuah peristiwa religi nan indah dan khusyuk.

Suasana jelang perayaan Hari Raya Imlek di Wihara Dharma Bhakti, Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat pada Senin (12/2/2018). RIMA WAHYUNINGRUM Suasana jelang perayaan Hari Raya Imlek di Wihara Dharma Bhakti, Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat pada Senin (12/2/2018).
Hari itu juga adalah dimulainya bulan ibadah Ramadhan. Bulan yang baik dengan keberkahan Ramadhan, yaitu saat diturunkannya Al-quran, amal sholeh yang berlipat ganda, bulan penuh keberkahan, bulan pengampunan dosa, pintu surga dibuka, mendidik untuk mencapai ketakwaan, dan Quran turun pada malam Lailatul Qadar. Bulan yang syahdu dan penuh keberkahan. 

Napak tilas gereja, pada hari Waisak, dalam bulan Ramadhan. Terima kasih atas kemewahan ini.

Hari itu terasa lebih bermakna lagi karena cerah ceria, liburan menurunkan emisi dari kendaraan-kendaraan motor dan mobil pribadi yang sehari-hari sesak padat.

Menurut laporan Greenpeace, pada semester pertama 2016 tingkat polusi udara Jakarta berada pada level 4.5 kali ambang batas yang ditentukan World Health Organization (WHO) dan tiga kali di atas ambang standar pemerintah Indonesia.

Index Standar Pencemaran Udara (ISPU) 0-50 (hijau) artinya tergolong baik, 51-100 biru, 101-199 kuning (tidak sehat), 200-299 merah (sangat tidak sehat) dan hitam (diatas 300) berbahaya. Kota Jakarta di level ISPU sehat bila hanya berkisar 70 sampai 80 hari dalam satu tahun.

Mungkin hari Selasa itu salah satu dari hari tersebut. Hari begitu indah, matahari terang dan langit biru dapat terlihat.

Jakarta Kulminasi Kota Kosmopolis

Kami berjalan mengunjungi gereja Santa Maria de Fatima di Petak Sembilan, kawasan Kota. Tepatnya di jalan Kemenangan 3, gereja indah dengan arsitektur China dan peranakan, berada ditengah-tengah kawasan pecinan. 

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com