Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Arus Balik, Jumlah Kendaraan di Tol Cipali Melonjak

Kompas.com - 16/06/2018, 19:25 WIB
Erwin Hutapea

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada Lebaran hari kedua, Sabtu (16/6/2018), lonjakan jumlah kendaraan yang melintas di Tol Cipali mulai terasa, baik yang ke arah Cirebon maupun Jakarta, di Gerbang Tol Palimanan.

Sesuai data yang diperoleh dari PT Lintas Marga Sedaya (LMS) sebagai pengelola Tol Cipali, total kendaraan dari Sabtu pukul 06.00 hingga pukul 14.00 WIB sebanyak 31.765 unit.

Jumlah itu terdiri dari 6.676 kendaraan yang masuk dan 25.089 kendaraan yang keluar.

Jika dibandingkan dengan hari Jumat (15/6/2018) pada rentang waktu yang sama, jumlahnya ada 16.750 kendaraan. Artinya, ada kenaikan sebesar 89,64 persen.

Adapun rata-rata angka ke arah Jakarta sebanyak 834 kendaraan per jam dan yang dari arah Jakarta berjumlah 3.136 kendaraan per jam.

GM Operasional PT LMS Suyitno menuturkan, pihaknya sudah memprediksi terjadinya arus balik dan mulai terlihat di beberapa titik satu hari setelah Lebaran.

“Peningkatan volume kendaraan arus balik akan terjadi pada H+4 sebesar 15 persen dibanding tahun lalu. Untuk mengantisipasinya, kami akan membagikan peta dan buku kuliner agar pengendara mendapat informasi jalur alternatif di luar tol," ucap Suyitno dalam pesan tertulisnya, Sabtu sore.

Baca juga: Saat Arus Balik, Toilet Portabel dan BBM Kemasan Disiapkan di Tol Cipali

Selain itu, pihaknya sudah memberlakukan sistem contraflow atau one way pada jam tertentu sejak kemarin untuk mengurangi kepadatan di beberapa titik.

Kepada pengemudi yang akan kembali ke Jakarta, dia mengimbau agar memastikan terlebih dahulu bahan bakar minyak (BBM) di kendaraannya terisi penuh supaya tidak terjadi antrean panjang di SPBU rest area.

Namun, lanjut Suyitno, PT LMS bekerja sama Pertamina sudah menyediakan BBM kemasan berukuran 10 liter di rest area Tol Cipali untuk mengurangi panjangnya antrean di SPBU. 

Para pengguna jalan juga disarankan tidak menghentikan kendaraannya di bahu jalan dekat rest area agar tidak terjadi kepadatan yang bisa membahayakan dan mengganggu kelancaran lalu lintas

“Kami juga mengimbau kepada pemudik untuk tidak memaksakan masuk ke rest area jika sudah penuh,” kata Suyitno.

Dia menambahkan, pengemudi bisa beristirahat di luar Tol Cipali melalui gerbang tol terdekat. Setelah itu, bisa masuk kembali ke Tol Cipali dengan total tarif tol yang tetap sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com