Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luzhniki, Stadion Kembaran GBK Senayan Tuan Rumah Piala Dunia 2018

Kompas.com - 14/06/2018, 17:40 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber FIFA.com

KOMPAS.comPiala Dunia 2018 akan dimulai dalam hitungan jam. Perhelatan ke-21 sepak bola paling akbar di dunia ini digelar di Rusia.

Pembukaannya diawali dengan seremoni dan pertandingan pertama antara Rusia dan Arab Saudi pada Kamis (14/6/2018) pukul 22.00 WIB.

Pertandingan perdana itu digelar di Stadion Luzhniki, Moskwa, Rusia. Seperti dilansir FIFA.com, stadion ini dahulu bernama Lenin Central Stadium.

Pada tahun 1950-an dan 1960-an, kesebelasan Uni Soviet pernah bertanding di sini dan didukung sebanyak 100.000 suporter.

Menurut penelusuran Kompas.com, Presiden Soekarno pernah berpidato di stadion ini dan membuatnya terkesan.

Bahkan, Luzhniki menginspirasinya untuk membangun Stadion Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta dan dana pembangunannya pun dibantu Uni Soviet.

Menjelang Piala Dunia 2018, Stadion Luzhniki direnovasi selama empat tahun. Sebelumnya, kapasitas stadion ini 78.000 orang dan setelah direnovasi daya tampungnya bertambah menjadi 80.000 orang.

Berlokasi di kawasan yang terbilang indah di ibu kota Rusia, gelanggang sepak bola ini merupakan bagian dari kompleks olahraga yang berdiri di atas lahan seluas 180 hektar.

Di sampingnya terdapat Sungai Moskwa dan tersedia pula akses transportasi kereta gantung. Saking luas dan kompletnya kompleks ini menjadikannya sebagai tempat olahraga sekaligus sarana rekreasi bagi warga Moskwa.

Untuk diketahui, dalam Piala Dunia 2018, Stadion Luzhniki akan menjadi tempat digelarnya tujuh pertandingan, terdiri dari empat pertandingan babak penyisihan, satu pertandingan 16 besar, serta satu pertandingan semifinal dan final.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber FIFA.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com