Lewat Jembatan Kalikuto, ke Semarang Tak Perlu Keluar Grinsing - Kompas.com

Lewat Jembatan Kalikuto, ke Semarang Tak Perlu Keluar Grinsing

Kompas.com - 13/06/2018, 20:00 WIB
Antrean kendaraan pemudik yang akan melintasi Jembatan Kalikuto di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Rabu (13/6/2018). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan jembatan tersebut untuk dilalui kendaraan pemudik menuju ke Semarang, Solo, Surabaya dan sekitarnya tanpa keluar di exit Gringsing.MAULANA MAHARDHIKA Antrean kendaraan pemudik yang akan melintasi Jembatan Kalikuto di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Rabu (13/6/2018). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan jembatan tersebut untuk dilalui kendaraan pemudik menuju ke Semarang, Solo, Surabaya dan sekitarnya tanpa keluar di exit Gringsing.

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang Lebaran tahun ini, kepadatan arus mudik sempat terjadi pada Selasa (12/6/2018) sore hingga malam di Jalan Tol Batang-Semarang.

Menurut pantauan Tim Merapah Trans-Jawa Kompas.com, terlihat kendaraan yang mengantre sekitar 1,5 kilometer.

Panjang antrean itu terjadi mulai dari rest area sementara sampai exit  Grinsing, atau mendekati Jembatan Kalikuto.

Baca juga: Merapah Trans-Jawa, Pulang ke Kampung Indonesia

Exit Gringsing merupakan pintu keluar tol yang bisa dimanfaatkan pemudik menuju ke Semarang.

Namun, dengan difungsikannya Jembatan Kalikuto mulai Rabu (13/6/2018) sore ini, pemudik bisa langsung melanjutkan perjalanan ke Semarang, Solo, Surabaya, dan sekitarnya tanpa keluar di exit Gringsing.

Kondisi Jembatan Kalikuto sebelum dapat dilalui kendaraan pemudik di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Rabu (13/6/2018). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan jembatan tersebut untuk dilalui kendaraan pemudik menuju ke Semarang, Solo, Surabaya dan sekitarnya tanpa keluar di exit Gringsing.MAULANA MAHARDHIKA Kondisi Jembatan Kalikuto sebelum dapat dilalui kendaraan pemudik di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Rabu (13/6/2018). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan jembatan tersebut untuk dilalui kendaraan pemudik menuju ke Semarang, Solo, Surabaya dan sekitarnya tanpa keluar di exit Gringsing.
Peresmian jembatan ini dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melalui pemberian penghargaan kepada PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) yang sudah membangun Jembatan Kalikuto sesuai jadwal yang direncanakan. 

“Janji saya H-2 Lebaran jembatan ini bisa difungsikan tercapai,” ujar Basuki Hadimuljono seusai peresmian di lokasi Jembatan Kalikuto, Rabu (13/6/2018) sore.

Baca juga: Rabu Sore Ini, Jembatan Kalikuto Resmi Berfungsi 24 Jam

Jembatan ini sebelumnya merupakan titik kritis dari jalan tol yang panjangnya 75 kilometer sebagai penghubung antara Batang dan Semarang.

Agar bisa dinyatakan layak fungsi, PT JSB melakukan uji fungsi loading test pada Jembatan Kalikuto menggunakan kendaraan berat backhoe berbobot 17 ton pada Selasa (12/6/2018) malam.

Kendaraan pemudik melintasi Jembatan Kalikuto di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Rabu (13/6/2018). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan jembatan tersebut untuk dilalui kendaraan pemudik menuju ke Semarang, Solo, Surabaya dan sekitarnya tanpa keluar di exit Gringsing.MAULANA MAHARDHIKA Kendaraan pemudik melintasi Jembatan Kalikuto di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Rabu (13/6/2018). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan jembatan tersebut untuk dilalui kendaraan pemudik menuju ke Semarang, Solo, Surabaya dan sekitarnya tanpa keluar di exit Gringsing.
Dari uji fungsi itu  diperoleh hasil bahwa jembatan itu dinyatakan aman untuk dilintasi.

Jembatan yang bobotnya 2.400 ton ini difungsikan satu jalur satu lajur ke arah Semarang untuk para pemudik mulai Rabu sore ini dan berfungsi selama 24 jam.

Demikian juga dengan arus balik, jembatan ini juga berfungsi satu jalur satu lajur pada Senin (18/6/2018) selama 24 jam.

Direktur Utama PT JSB Arie Irianto mengatakan, Jembatan Kalikuto akan ditutup sementara pada Minggu (17/6/2018) dan dibuka lagi untuk arus balik pada Senin keesokan harinya.

“Jembatan akan ditutup pada Minggu lusa untuk persiapan arus balik pada Senin (18/6/2018)," ucap Arie Irianto.

Saksikan video reportase perjalanan mudik Tim Merapah Trans Jawa berikut ini:


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Close Ads X