Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Cair, "Contraflow" di Tol Jakarta-Cikampek Dikoreksi

Kompas.com - 13/06/2018, 15:05 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peningkatan volume lalu lintas kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Cikarang Utama yang terjadi sejak Selasa (12/6/2018) malam, mulai mencair. Rekayasa lalu lintas berupa contraflow pun dikoreksi.

Saat ini, contraflow yang berlaku dimulai sejak KM 35+600 hingga KM 61+500. Padahal, pagi tadi sekitar pukul 06.37 WIB, contraflow dibuka pada KM 29.

"Kepadatan lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek mulai berangsur mencair," kata Customer & Employee Relations Manager PT Jasa Marga (Persero) Tbk Faiza Riani dalam keterangan tertulis, Rabu (13/6/2018).

Pemberlakuan contraflow baru itu dimulai sejak pukul 12.54 WIB. Petugas dan sejumlah rambu-rambu pun disiagakan untuk menunjang kelancaran arus mudik.

"Contraflow ini khususnya untuk menghindari bottleneck di KM 37+800 dan titik kepadatan di beberapa rest area arah Cikampek," ujarnya.

Kementerian Perhubungan sebelumnya, menilai, ada tiga hal yang membuat volume kendaraan yang melintas di GT Cikarang Utama cukup tinggi.

Pertama, masyarakat sengaja memilih H-3 malam sebagai waktu mudik ke kampung halaman. Terutama, mereka yang bekerja di sektor swasta.

"Karena (pegawai) swasta kan baru liburnya kemarin sebagian besar," ujar Ketua Harian Posko Nasional Angkutan Lebaran 2018 Nurhadi di Kantor Kemenhub, Rabu (13/6/2018).

Selain itu, ia mengatakan, kemacetan terjadi karena adanya kendaraan yang mogok. Faktor lainnya juga karena penumpukan pemudik di rest area.

"Banyak kendaraan yang berhenti di bahu jalan, mereka berhenti di bahu jalan karena istirahat, tapi tidak di rest area," kata Nurhadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com