Selasa Malam, Puncak Arus Mudik Kedua

Kompas.com - 13/06/2018, 13:48 WIB
Antrean kendaraan yang hendak keluar ke jalan raya (belok kiri) di titik keluar Grinsing, tak jauh dari proyek pembangunan Jembatan Kalikuto, Batang-Kendal, Rabu (13/6/2018). Kompas.com/Alsadad RudiAntrean kendaraan yang hendak keluar ke jalan raya (belok kiri) di titik keluar Grinsing, tak jauh dari proyek pembangunan Jembatan Kalikuto, Batang-Kendal, Rabu (13/6/2018).

BATANG, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) Arie Irianto mengatakan Selasa (12/6/2018) malam adalah puncak arus mudik kedua.

Hal ini ditandai dengan antrean kendaraan jelang exit  Grinsing yang mencapai 1,5 kilometer-2 kilometer dan berlangsung sejak waktu berbuka sampai pukul 20.00 WIB.

Selain itu, jumlah kendaraan yang melintas pun mengalami kenaikan menjadi 7.000 per jam.

Baca juga: Merapah Trans-Jawa, Pulang ke Kampung Indonesia

Sementara puncak arus mudik pertama, atau Arie menyebutnya sebagai gelombang lonjakan pertama, terjadi pada Sabtu (9/6/2018) malam.

"Selasa malam adalah gelombang lonjakan kedua. Tetapi, meski disebut sebagai puncak arus mudi, yang terbanyak atau puncak pertamanya tetap hari Sabtu (9/6/2018)," kata Arie kepada Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com, Rabu (13/6/2018). 

Menurut Arie, terjadinya lonjakan volume kendaraan karena banyak karyawan swasta yang memulai perjalanan mudiknya Selasa kemarin.

"Namun, volume kepadatan masih di bawah Sabtu lalu," ujarnya.

Sementara, hingga H-3 Idul Fitri atau Senin (11/6/2018), volume kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui gerbang tol (GT) Cikarang Utama mencapai 104.690 unit.

Jumlah tersebut meningkat 55,99 persen dari volume lalulintas harian normal yaitu sebesar 67.112  kendaraan.

Sedangkan pada H-5 atau Minggu (10/6/2018) lalu, tak kurang dari 88.593 kendaraan yang tercatat meninggalkan Jakarta melalui GT Cikarang Utama.

Saksikan video reportase perjalanan mudik Tim Merapah Trans Jawa berikut ini:

Kompas Video Tim Merapah Trans-Jawa 3 Kompas.com menelusur hingga ruas terakhir Tol Trans-Jawa.

 

 

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X