Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Menarik: Rekor Mudik Tercepat dan Tarif Tol JORR Naik

Kompas.com - 13/06/2018, 12:19 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit masyarakat yang menempuh perjalanan mudik tahun ini lebih cepat dari tahun sebelumnya. Bahkan, ada seorang pemudik yang mengaku memecahkan rekor baru dalam perjalanan mudiknya dari Jakarta ke Klaten, Jawa Tengah.

Itulah salah satu berita populer di kanal Properti Kompas.com, Selasa (12/6/2018). Selain itu, informasi tentang pembangunan jalan tol dan tarif terbaru tol JORR juga menyita banyak perhatian pembaca.

Berikut ini daftar lengkapnya:

1. Rekor tercepat perjalanan mudik

"Alhamdulillah... perjalanan mudik kali ini mungkin yang tercepat hanya 8 jam dari Cikarang ke Delanggu, Klaten. Dipotong 2 x pitstop 2 jam jadi hanya sekitar 6 jam an perjalanan."

Demikian status media sosial Facebook milik Djoko Saputro yang diunggah pada Jumat 8 Juni 2018, tepat hari pertama mudik dan dibukanya ruas-ruas tol fungsional Trans-Jawa.

Menurut Djoko, trase tol yang dilintasinya tanpa putus kendati beberapa tol tersebut masih dalam status fungsional, seperti ruas Pemalang-Batang, Batang-Semarang, dan Salatiga-Kartasura.

Djoko memulai perjalanan pada pukul 09.00 WIB pagi dan sampai di Delanggu pada pukul 17.00 WIB petang. 

Antrean kendaraan jelang pintu keluar Grinsing di ruas Tol Batang-Semarang, Selasa (12/6/2018).KOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER Antrean kendaraan jelang pintu keluar Grinsing di ruas Tol Batang-Semarang, Selasa (12/6/2018).
"Saya berhenti dua kali, masing-masing satu jam untuk beristirahat di rest area Cirebon dan Ungaran. Jadi, perjalanan efektif ditempuh hanya enam jam," tutur Djoko kepada Tim Merapah Trans-Jawa Kompas.com, Minggu (10/6/2018) malam.

Menurut Djoko, perjalanan yang cukup singkat ini merupakan rekor baru selama bertahun-tahun dia menjalani ritual pulang kampung. Sebelumnya, waktu tempuh Jakarta-Klaten bisa mencapai sekitar 14 jam hingga 16 jam (termasuk istirahat).

Berita selengkapnya baca di sini: Rekor Baru Mudik, Cikarang-Delanggu 6 Jam! Biasanya 16 Jam

2. Arie hanya tidur 3 jam demi membangun Jembatan Kalikuto

Jembatan Kalikuto merupakan titik kritis di ruas Jalan Tol Batang-Semarang, Jawa Tengah, yang dijadwalkan bisa dilalui pada dua hari menjelang Idul Fitri 2018.

Oleh karena itu, proses pembangunannya tak sekadar membutuhkan kecepatan, tetapi juga keahlian, ketelitian, kerja keras, dan pemasangan yang presisi agar aman dilintasi.

Foto udara proses pembangunan konstruksi Jembatan Kalikuto di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Selasa (12/6/2018). Jembatan Kali Kuto ditargetkan untuk digunakan pada H-2 lebaran dan merupakan jembatan pelengkung pertama di Indonesia, bahkan di dunia, yang perakitannya dilakukan di lokasi.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Foto udara proses pembangunan konstruksi Jembatan Kalikuto di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Selasa (12/6/2018). Jembatan Kali Kuto ditargetkan untuk digunakan pada H-2 lebaran dan merupakan jembatan pelengkung pertama di Indonesia, bahkan di dunia, yang perakitannya dilakukan di lokasi.
Demi memenuhi seluruh unsur itu, Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) Arie Irianto bersama timnya pun bekerja ekstra keras. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com