Puncak Mudik di Jawa Timur Diprediksi Rabu 13 Juni

Kompas.com - 12/06/2018, 16:00 WIB
Jembatan Brantas di Jalan Tol Jombang-Mojokerto.Dokumentasi PT Marga Harjaya Infrastruktur Jembatan Brantas di Jalan Tol Jombang-Mojokerto.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gencarnya pembangunan infrastruktur jalan tol Trans-Jawa salah satunya bertujuan membantu kelancaran arus mudik mulai dari Merak sampai Banyuwangi.

Sebab, selama ini kebanyakan para pemudik berangkat dari kota-kota di wilayah barat Pulau Jawa ke wilayah timur.

Namun, berbeda halnya dengan di wilayah timur. Jika puncak arus mudik di wilayah barat Jawa sudah terlewati pada akhir pekan lalu, tetapi di Provinsi Jawa Timur puncak arus mudik akan terjadi pada pertengahan minggu ini.

Baca juga: Merapah Trans-Jawa, Pulang ke Kampung Indonesia

Kadept Manajemen Pendapatan Tol PT Astra Infra Toll Road Jombang-Mojokerto Achmad Rifan Tsamany mengatakan hal itu.

Menurut Achmad hingga siang ini ada peningkatan jumlah kendaraan yang melewati gerbang Tol Jombang-Mojokerto.

“Sampai hari ini pukul 11.30 WIB ada peningkatan 22 persen jumlah kendaraan. Kami prediksi puncaknya akan terjadi tanggal 13 dan 14 Juni besok,” ujar Rifan saat dihubungi Kompas.com, Selasa (12/6/2018).

Ada perbedaan kebiasaan arus mudik di Jawa Timur dengan di DKI Jakarta dan sekitarnya. Jumlah kendaraan dari barat ke timur tidak sebanyak dari timur ke barat.

“Memang tren di Jawa Timur beda dengan di Jakarta karena animo masyarakatnya juga beda,” imbuhnya.

Adapun sejumlah kota tujuan mudik tersebut terutama ke Yogyakarta, Solo, dan Semarang. Selain itu, ke Purwokerto, Purwakarta, dan Bandung.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X