Sambut Lebaran, Ini Warna yang Cocok untuk Ruang Tamu Anda - Kompas.com
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Dulux

Sambut Lebaran, Ini Warna yang Cocok untuk Ruang Tamu Anda

Kompas.com - 12/06/2018, 14:12 WIB
Mendekorasi rumah dengan mengecat ulang dinding pada ruang tamu bisa menjadi ritual khusus menyambut Hari Raya Lebaran.Dulux Indonesia Mendekorasi rumah dengan mengecat ulang dinding pada ruang tamu bisa menjadi ritual khusus menyambut Hari Raya Lebaran.

KOMPAS.com – Di Indonesia, persiapan menyambut Hari Raya dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya mendekorasi ulang rumah agar terlihat baik saat sanak keluarga berkunjung.

Kalau ada anggaran lebih, biasanya barang yang jadi bagian isi rumah pun ikut-ikutan diganti. Namun, kalau anggaran pas-pasan, dekorasi dilakukan dengan cara yang sederhana, seperti mengganti warna cat. 

Selain bisa memberikan nuansa berbeda di hari kemenangan, warna baru pada dinding rumah Anda juga dapat memberikan kesan yang tidak monoton. 

Artikel berjudul "Tips for Choosing Interior Paint Colors" pada laman Thespruce.com, Selasa (10/4/2018), berisi saran, sebaiknya tentukan pilihan warna yang Anda sukai dan sesuai dengan karakteristik penghuni. Selain itu, sesuaikan juga dengan keadaan sekitar agar warna baru ini bisa berbaur.

Misalnya, bila konsep ruangan minimalis, maka warna catnya pun harus disesuaikan agar terintegrasi dan tampak harmonis.

Melansir Kompas.com, Jumat (26/6/2015), secara psikologis, kesesuaian warna cat rumah dengan furnitur di dalamnya akan berpengaruh terhadap kenyamanan penghuni. Sebaliknya, jika tidak harmonis, hal itu akan menimbulkan dampak tertentu.

Cat interior yang tidak sesuai dengan konsep perabot, misalnya, akan mendorong penghuni rumah cepat bosan dan ingin sesegera mungkin menggantinya. Padahal, mungkin rumah tersebut baru dicat beberapa bulan lalu.

Ilustrasi dekorasi ulang rumahSHUTTERSTOCK Ilustrasi dekorasi ulang rumah

Akhirnya, anggaran yang sudah ditentukan jadi tidak efisien. Alih-alih rumah tampil beda dan harmonis, yang timbul malah masalah di kemudian hari.

Selanjutnya, pahami juga tujuan Anda mengecat ulang. Contohnya, bila tujuan utama Anda adalah untuk menyambut Hari Raya, maka warna yang Anda pilih pun harus sesuai dengan nuansa hari kemenangan.

Lebaran sendiri identik dengan suasana hangat penuh kebersamaan dan kebersihan hati. Oleh karena itu, Anda bisa memilih warna yang bisa memberikan atmoster tersebut.

Melansir Interiordezine.com, Jumat (8/6/2018), untuk memberikan suasana hangat, warna coklat muda bisa dijadikan pilihan. Warna yang menyimbolkan ketenangan, kesejukan, dan alami ini juga memberikan kesan tenang terhadap ruangan.

Coklat muda juga merupakan warna yang cukup netral. Sebab, coklat muda merupakan warna alam yang mempresentasikan elemen bumi (kayu).

Selain coklat muda, terdapat pula pilihan warna hangat lainnya yang bisa Anda pilih, contohnya warna-warna nude seperti krem atau kuning gading.

Melansir Kompas.com, warna krem atau kuning gading ini mempresentasikan nuansa hangat yang ringan. Sebaiknya, gunakan warna-warna ini bila ruangan Anda memiliki banyak aksen kayu.

Baca: Trik Warna Mempercantik Aksen Kayu

Ilustrasi ruang tamu dengan warna nudeSHUTTERSTOCK Ilustrasi ruang tamu dengan warna nude

Selain konsep interior dan warna, ada hal lainnya yang harus dipertimbangkan, yakni kualitas cat. Pilihlah cat yang bebas timbal dan telah mengantongi label green dan eco friendly. Sebab, cat yang berkualitas tidak akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

Perhatikan pula kelebihan-kelebihan lain yang ditawarkan, misalnya cat yang bisa memberikan tekstur dan efek khusus seperti yang terkandung dalam produk Dulux Ambiance Color Motion.

Efek yang dihasilkan dari produk cat ini pun bisa disesuaikan sesuai karakteristik penghuni.

Beberapa varian pilihan ambiance atau nuansa yang tersedia dari produk ini adalah Linen, Velvet atau beludru, Marble atau marmer, dan Metallic atau logam.

Efek khusus yang dihasilkan ini tentu akan menambah semarak kebersamaan dengan sanak saudara pada hari kemenangan.

Perhatikan elemen pendukung

Setelah menentukan konsep interior, warna, serta jenis cat yang digunakan, hal selanjutnya yang mesti Anda perhatikan adalah elemen-elemen pendukung untuk membuat hasil yang lebih sempurna.

Pertama, pertimbangkan sumber cahaya yang mengarah ke dalam ruangan. Apabila ruang tamu Anda mendapat sinar matahari secara langsung, hindari kombinasi warna coklat dengan warna yang terlalu cerah.

Selain itu, melansir Kompas.com, Jumat (20/4/2018), bila ruangan tidak terlalu banyak terpapar sinar matahari, Anda bisa memadukannya dengan lighting warna-warna natural. Hal ini akan membuat suasana ruangan semakin hangat dan nyaman.

Terakhir, untuk mempercantik dan menambah kesan keakraban yang dihasilkan dari coklat muda dan warna-warna nude, Anda bisa menaruh beberapa galeri foto atau lukisan di dinding. Misalnya foto-foto keluarga yang sengaja dicetak hitam putih.

Nah, silakan letakkan foto-foto tersebut di bawah pencahayaan lampu kuning. Dekorasi seperti ini akan mampu menceritakan kehidupan dan keramahan penghuninya.

Dengan begini, lengkap sudah persiapan dekorasi interior rumah untuk menyambut Lebaran. Warna-warna yang dihasilkan dari coklat muda dan nude ini akan merekatkan kebersamaan dan #KehangatanHariRaya.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar