Selasa Siang, Tol Batang-Semarang Ramai Lancar

Kompas.com - 12/06/2018, 13:47 WIB
Antrean kendaraan jelang pintu keluar Grinsing di ruas Tol Batang-Semarang, Selasa (12/6/2018).KOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER Antrean kendaraan jelang pintu keluar Grinsing di ruas Tol Batang-Semarang, Selasa (12/6/2018).

BATANG, KOMPAS.com - Selasa (12/6/2018) pukul 13.30 WIB siang, arus mudik di tol fungsional Batang-Semarang terpantau ramai lancar dengan dominasi kendaraan bernomor polisi B.

Dalam pantauan Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com antrean kendaraan hanya terjadi jelang Jembatan Kalikuto sebagai titik kritis ruas tol yang dirancang sepanjang 75 kilometer ini.

Baca juga: Merapah Trans-Jawa, Pulang ke Kampung Indonesia

Hal ini terjadi karena penyempitan jalan dari sebelumnya dua lajur menjadi satu lajur dan kendaraan pemudik diarahkan untuk keluar di Grinsing.

Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) Arie Irianto mengatakan, arus mudik setelah Sabtu (9/6/2018) terus menyusut. Jumlah kendaraan yang melintasi ruas Tol Batang-Semarang menurun.

"Puncaknya sudah lewat pada Sabtu malam lalu. Jasa Marga punya perhitungan, jika lonjakan 100 persen sudah terjadi, maka puncak arus mudik sudah berlalu," kata Arie kepada Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com.

Namun demikian, kata Arie, pihak JSB akan tetap melakukan pelayanan mudik semaksimal mungkin. Terutama jelang pintu keluar Grinsing dengan menempatkan sejumlah petugas di Pos Pengamanan Terpadu.

Selain itu juga, JSB melakukan pantauan langsung di pintu Weleri selepas Jembatan Kalikuto untuk mengarahkan pemudik yang hendak menuju Semarang, Solo, atau Surabaya.

"Kami harap hingga arus balik nanti perjalanan masyarakat lancar dan selamat sampai tujuan," tambah Arie.

Saksikan video reportase perjalanan mudik Tim Merapah Trans Jawa berikut ini:

Kompas Video Tim Merapah Trans-Jawa 3 Kompas.com melanjutkan perjalanan dari Solo sampai Pasuruan. Perjalanan kali ini Tim dibekali sepasang Cross Over Datsun Cross.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X