Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Klaim Tidak Ada Masalah Transaksi Nontunai di Ruas Tolnya

Kompas.com - 11/06/2018, 16:17 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua operator jalan tol di Indonesia telah menerapkan sistem transaksi nontunai di gerbang tolnya masing-masing.

Termasuk di antaranya PT Astra Infra Toll Road yang sudah mengoperasikan empat ruas tolnya, yaitu di ruas Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, Semarang-Solo, dan Jombang-Mojokerto.

Head of Corporate Communication PT Astra Infra Toll Road Danik Irawati mengatakan, sementara ini belum ada masalah yang ditemui di lapangan.

"Semuanya berjalan lancar. Sejauh ini enggak ada info soal kendala yang terjadi," kata Danik Irawati saat dihubungi Kompas.com, Senin (11/6/2018).

Namun, kadang kala terjadi kendala pada alat pembaca (reader) kartu elektronik.
"Namanya alat, kadang bisa, kadang enggak," imbuhnya.

Untuk menghadapi masalah, ujar Danik, semua petugas yang diterjunkan di ruas tol milik Astra sebelumnya sudah mendapat bekal berupa pelatihan.

Dengan demikian, jika terjadi masalah terkait transaksi di gardu tol, petugas bisa langsung menanganinya.

Menghadapi arus mudik ini, pihaknya menambah jumlah petugas di lapangan, termasuk di gerbang tol yang beroperasi, tetapi tidak disebutkan jumlahnya.

Penambahan jumlah petugas ini mengingat meningkatnya jumlah kendaraan yang masuk dan keluar di masing-masing gerbang tol yang jumlahnya pun tidak sama.

"Ada penambahan petugas saat arus mudik, tapi di setiap ruas beda-beda, karena pasti ada peningkatan jumlah kendaraan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com