Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merapah Trans-Jawa, Pulang ke Kampung Indonesia

Kompas.com - 11/06/2018, 14:48 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MUDIK menjadi salah satu hajat besar tahunan yang selalu dilakukan masyarakat. Mereka yang sehari-hari beraktivitas di kota besar, akan memanfaatkan momentum ini untuk berkumpul bersama keluarga yang telah menunggu di kampung halaman.

Mudik bukan hanya sekedar berbagi cerita tentang bagaimana kesuksesan yang telah dicapai di kota besar menjadi inspirasi bagi keluarga di tanah kelahiran.

Kondisi proyek jalan tol Salatiga-Kartasura di Salatiga, Jawa Tengah, Minggu (3/6/2018). Jalan tol yang memiliki panjang 32,65 kilometer tersebut dapat dilalui secara fungsional pada mudik dan balik Lebaran 2018.MAULANA MAHARDIKA Kondisi proyek jalan tol Salatiga-Kartasura di Salatiga, Jawa Tengah, Minggu (3/6/2018). Jalan tol yang memiliki panjang 32,65 kilometer tersebut dapat dilalui secara fungsional pada mudik dan balik Lebaran 2018.

Lebih dari itu, mudik adalah sebuah pengalaman spiritual. Menemukan keluarga baru selama perjalanan. Keluarga senasib yang melakukan perjalanan panjang, merasakan kelelahan bersama di jalan, demi satu tujuan yakni mencapai daerah asal dengan selamat.

Tentunya, demi menunjang hal tersebut, pemerintah bekerja keras menyiapkan infrastruktur mudik yang andal. Namun, seperti apa keandalan infrastruktur itu?

Foto udara simpang susun Waru di Tol Surabaya-Gempol di Jawa Timur, Selasa (5/6/2018). Tol Surabaya-Gempol sudah beroperasi dan dapat dilintasi para pemudik.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Foto udara simpang susun Waru di Tol Surabaya-Gempol di Jawa Timur, Selasa (5/6/2018). Tol Surabaya-Gempol sudah beroperasi dan dapat dilintasi para pemudik.

Untuk kali ketiga, Kompas.com dengan bangga mempersembahkan Virtual Interaktif Kompas (VIK) Merapah Trans-Jawa. Kami menelusuri jalur konektivitas Trans-Jawa tol dan nontol.

Perjalanan dimulai dari Jakarta hingga Banyuwangi. Melewati berbagai jalur tol operasional maupun fungsional yang akan digunakan masyarakat dalam memulai hajat besarnya, pulang ke kampung halaman.

Kompas VideoMerapah Trans-Jawa Kompas.com sebuah program peliputan tahunan arus mudik dan perkembangan infrastruktur jalan Tol Trans-Jawa.

Di sisi lain, perjalanan di jalur selatan Jawa juga tak luput dari pantauan tim. Kami berupaya untuk memberikan gambaran sedetail mungkin tentang kondisi terkini dari jalur-jalur yang ada, demi Anda, masyarakat yang akan melakukan perjalanan.

Berikut laporan lengkap dari VIK Merapah Trans Jawa 3

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com