Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengelola Tol: Sempat Terjadi Antrean, Mudik Hari Ke-2 Relatif Lancar

Kompas.com - 09/06/2018, 22:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

WONOGIRI, KOMPAS.com - Kegiatan mudik hari kedua, Sabtu (9/8/2018), di ruas Tol Salatiga-Kartasura, Solo-Ngawi, dan Ngawi-Wilangan, berlangsung relatif aman, dan lancar.

Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi David Wijayatno mengatakan, meskipun terjadi kenaikan jumlah kendaraan yang melintasi ruas Salatiga-Kartasura untuk kemudian memanfaatkan ruas Solo-Ngawi, namun secara umum masih terkendali.

"Normal dan lancar," kata David kepada Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com.

Baca juga: Temuan Perjalanan Mudik Tim Merapah Trans-Jawa

Meski demikian, David mengakui, pada hari pertama mudik memang sempat terjadi antrean kendaraan di jalur alternatif Jembatan Kenteng sepanjang 1 kilometer yang memaksa diberlakukannya kebijakan buka-tutup.

"Arus lalu lintas masih terpantau lancar," sambung dia.

Kondisi tanjakan dan turunan jalur darurat jembatan Kali Kenteng, di Susukan, Kabupaten Semarang, pada hari pertama fungsionaliasi ruas tol Salatiga-Kartasura, Jumat (8/6/2018) siang.kompas.com/ syahrul munir Kondisi tanjakan dan turunan jalur darurat jembatan Kali Kenteng, di Susukan, Kabupaten Semarang, pada hari pertama fungsionaliasi ruas tol Salatiga-Kartasura, Jumat (8/6/2018) siang.
Hari ke-2 pelaksanaan mudik, kata David, ruas Salatiga-Kartasura dilintasi sekitar 5.000 kendaraan. Sementara pada hari pertama mudik atau Jumat (8/6/2018) tercatat 4.000 kendaraan yang melintas.

Hal serupa terjadi di ruas Ngawi-Wilangan yang merupakan bagian dari Jalan Tol Ngawi-Kertosono.

Menurut Direktur Utama PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri Iwan Moedyarno, volume kendaraan belum bertambah signifikan.

Foto udara simpang susun Caruban dari Proyek Jalan Tol Ngawi-Kertosono di Jawa Timur, Senin (4/6/2018). Jalan Tol Ngawi-Kertosono ruas Ngawi-Wilangan telah sah beroperasi dan dirancang sepanjang total 87,02 kilometer, Jalan Tol Ngawi-Kertosono dibagi dalam empat seksi pengerjaan.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Foto udara simpang susun Caruban dari Proyek Jalan Tol Ngawi-Kertosono di Jawa Timur, Senin (4/6/2018). Jalan Tol Ngawi-Kertosono ruas Ngawi-Wilangan telah sah beroperasi dan dirancang sepanjang total 87,02 kilometer, Jalan Tol Ngawi-Kertosono dibagi dalam empat seksi pengerjaan.
"Masih normal. Sekitar 7.200 kendaraan, atau sama dengan Lalu Lintas Harian Rata-Rata (LHR)," kata Iwan.

Kalau pun terjadi perubahan, Iwan memprediksi 40 persen kenaikan volume kendaraan yang melintas ruas tol sepanjang 51 kilometer tersebut.

Itu pun, kata Iwan, akan terjadi pada 3 hari setelah Lebaran.

Saksikan video reportase perjalanan mudik Tim Merapah Trans Jawa di bawah ini:


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com