Kompas.com - 07/06/2018, 16:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak kurang dari 89,6 kilometer ruas tol Trans Sumatera yang dikelola PT Hutama Karya (Persero) akan dibuka saat musim mudik Lebaran 2018. Baik itu tol yang sifatnya operasional, maupun tol fungsional alias dibuka sementara.

"Total panjang ruas tol ini terbagai atas 31,4 km tol operasional dan 58,2 kilometer tol fungsional," ungkap Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo dalam keterangan tertulis, Rabu (6/6/2018).

Ruas tol yang dibuka seperti Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Tol Palembang-Indralaya dan Tol Medan-Binjai.

Baca juga: Serunya Menjajal Jalur Mudik Tol Trans Jawa

Untuk masyarakat yang menggunakan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, tak perlu merogoh kantong membayar transaksi di gerbang tol (GT). Pasalnya, selama musim Lebaran ruas ini masih belum dikenakan tarif.

"Ruas ini terdiri dari jalur tol yang telah operasional yaitu mulai dari Akses Pelabuhan Bakauheni ke Simpang Susun (SS) Bakauheni sepanjang 8,9 kilometer dan SS Lematang menuju SS Kotabaru sepanjang 5 kilometer,” terang Bintang.

Tol Trans-Sumatera di Lampung.Dokumentasi Hutama Karya Tol Trans-Sumatera di Lampung.
Sementara itu, ruas yang dibuka fungsional pada tol ini mulai dari SS Bakauheni hingga SS Sidomulyo sepanjang 30,5 kilometer dan akses Gunung Sugih ke Terbanggi Besar sepanjang 10 kilometer.

Sementara itu, Direktur Jalan Tol Hutama Karya Bambang Pramusinto menjelaskan, Tol Palembang-Indralaya yang akan dibuka panjangnya 22 kilometer. Terdiri atas 15 kilometer jalur fungsional dan 7 kilometer jalur operasional.

Jalur fungsional terbentang dari Seksi Pamulutan hingga SS KTM dan SS Pamulutan hingga Indralaya. Sementara, ruas yang telah beroperasi terbentang dari Seksi Palembang hingga Pamulutan.

"Khusus untuk seksi Palembang-Pamulutan dikenakan tarif tol Rp 6.000," kata Bambang.

Adapun untuk Tol Medan-Binjai yang akan dibuka sepanjang 13,2 km. Dari panjang tersebut, 2,7 kilometer di antaranya merupakan jalur fungsional pada Seksi 1 dari Helvetia hingga Jalan Veteran.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.