Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Sediakan Aplikasi "Ayo Mudik" dan Situs Web "infomudik.go.id"

Kompas.com - 07/06/2018, 11:05 WIB
Mela Arnani,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah menyediakan aplikasi "Ayo Mudik" yang mulai bisa diunduh pada Jumat (8/6/2018) besok. Aplikasi ini berisi beragam fitur yang bisa jadi panduan bagi para pemudik.

Selain aplikasi, ada pula situs web www.infomudik.go.id yang menyediakan beragam informasi dari sejumlah kementerian dan lembaga terkait mudik

Informasi mengenai ini disampaikan Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui akun resmi Twitter-nya, @kemkominfo.

Baca juga: Sedan Kurang Ideal Diajak Mudik

"Selamat pagi #SobatKom! Yuk diunduh aplikasi AYO MUDIK yg bisa dilakukan mulai besok. Ada juga portal www.infomudik.go.id yang diinisiasi pemerintah yang akan melengkapi informasi perjalanan mudik kamu agar berjalan lancar dan aman! Jadi, tunggu apalagi? #infomudik #ayomudik," demikian twit @kemkominfo, Rabu (6/6/2018).

Aplikasi "Ayo Mudik"

Aplikasi ini didukung oleh beberapa kementerian dan lembaga pemerintah, antara lain Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perhubungan, Kementerian ESDM, Kementerian Kesehatan, BMKG, dan Kepolisian RI.

Dikutip dari situs resmi www.kominfo.go.id, aplikasi ini menyediakan informasi mengenai jalur mudik, fasilitas yang tersedia di sepanjang jalur mudik, dan informasi titik-titik kemacetan.

Baca juga: Ini Pelayanan Mudik yang Tersedia di Jalan Tol

Aplikasi ini berbasis peta, sehingga memudahkan para pemudik untuk memperoleh informasi seperti lokasi posko mudik terdekat, pos polisi, posko kesehatan, SPBU, bengkel, masjid, bengkel, info bencana, dan info lalu lintas.

Aplikasi ini dapat diunduh mulai Jumat (8/6/2018) besok di Google Playstore.

Portal infomudik.go.id

Portal ini merupakan situs web resmi seluruh informasi tentang mudik yang disediakan oleh Kantor Staf Presiden.

Pantauan Kompas.com, di portal ini, kita bisa menemukan beragam info mudik dari beberapa instansi dan badan usaha milik negera (BUMN).

Instansi dan BUMN yang menyediakan informasi di situs web ini adalah Kementerian Perhubungan, Jasa Raharja, Kementerian Kesehatan, Jasamarga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Pertamina, Kepolisian Negara Republik Indonesia, Telkom Indonesia, PT Angkasa Pura I, PT Pelabuhan Indonesia I, dan PT Angkasa Pura II, serta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG),.

Baca juga: INFOGRAFIK: Hati-hati Saat Mudik dengan Sepeda Motor

Selain itu, portal ini juga menyediakan berbagai informasi mudik via darat, laut, dan udara.

Berikut situs web yang tersambung langsung di portal infomudik.go.id:

1. Info mudik Kementerian Perhubungan

Situs web ini memberikan informasi mudik gratis yang disediakan oleh Kementerian Perhubungan.

Mudik gratis ini diperuntukkan khusus pemudik sepeda motor yang difasilitasi menggunakan kereta api, bis, dan kapal laut.

Dalam portal ini juga tersedia menu pendaftaran mudik, tujuan perjalanan mudik menggunakan bis dan kapal laut, serta ketentuan persyaratan pendaftaran mudik sepeda motor gratis.

2. Info mudik Jasa Raharja

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com