Buat Milenial India, Ukuran Tak Masalah yang Penting Strategis - Kompas.com

Buat Milenial India, Ukuran Tak Masalah yang Penting Strategis

Kompas.com - 05/06/2018, 22:59 WIB
Kota Mumbai merupakan salah satu pusat keuangan, komersial, dan hiburan di India.NEHIT/Shutterstock Kota Mumbai merupakan salah satu pusat keuangan, komersial, dan hiburan di India.

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi muda atau yang dikenal dengan istilah generasi milenial semakin meningkat kesadarannya untuk memiliki rumah.

Kesadaran itu termasuk dirasakan oleh generasi milenial di India. Mereka mulai memikirkan lebih serius untuk mempunyai hunian, asalkan harganya sesuai dengan kemampuan keuangan.

Menurut laporan lembaga riset dan konsultan properti di India, Anarock Property Consultants, pada umumnya generasi milenial di India lebih menyukai rumah yang lokasinya strategis, tetapi harganya masih terjangkau. Salah satu kota yang banyak menjadi pilihan yaitu Mumbai.

“Para pekerja profesional muda tidak begitu memikirkan soal ukuran rumah, tetapi yang lebih penting adalah jaraknya dekat ke tempat kerja mereka dan terkoneksi dengan baik sehingga waktu perjalanan lebih singkat,” sebut laporan tersebut, seperti dilansir Property Report, Selasa (5/6/2018).

Selain itu, mereka juga memilih rumah yang simpel dengan pemeliharaan yang mudah dan menghemat pengeluaran.

Berdasarkan laporan firma real estat berskala internasional, CBRE, baru-baru ini, pentingnya memahami perilaku kaum milenial menjadi pertembangan tersendiri di India.

Pasalnya, diprediksi pada tahun 2020 sebanyak 65 persen populasi di India berusia di bawah 35 tahun.

Dalam laporan yang sama disebutkan bahwa 82 persen kaum milenium India memilih untuk tinggal bersama orangtua mereka.

Hal itu karena kepatuhan yang tinggi sejak anak-anak dan adat istiadat yang ditanamkan kuat dalam masyarakat India.

Di samping itu, ada juga 68 persen kaum milenial India yang memilih untuk menyewa rumah dibandingkan masih tinggal bersama orang tua.

Itulah yang membuat mereka diberi label "generasi sewa". Namun, menurut para ahli, label itu tidak adil mengingat lebih banyak generasi milenial India menyadari bahwa menanamkan investasi berbentuk rumah tetap lebih baik daripada menyewa.

Hal itu menjadi tanda bahwa mereka  memiliki pemikiran untuk jangka panjang.

"Mengambil pinjaman berjumlah kecil dan membayar cicilannya setiap bulan dianggap lebih baik daripada membayar sewa rumah yang harganya relatif tinggi. Dengan begitu, mereka telah berinvestasi dan nantinya bisa dijual kembali dengan mudah," kata Chairman of Anarock, Anuj Puri.



Close Ads X