Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumat, Tol Fungsional Pemalang-Semarang Dibuka Sejak Pukul 6 Pagi

Kompas.com - 05/06/2018, 22:51 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Ruas-ruas tol fungsional dari Pemalang hingga Semarang akan dibuka perdana pada Jumat (8/6/2018). Pembukaan direncanakan sejak pukul 06.00 WIB pagi.

"Jalan tol (fungsional) akan dibuka pada Jumat pukul 06.00 WIB pagi," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, Selasa (5/6/2018) malam.

Terkait pembukaan itu, Menhub menyerahkan kepada pihak kepolisian untuk mengatur lalu lintas berikut keamanan dari jalur tersebut.

Pihak kepolisian juga diberi kewenangan untuk membuka tol fungsional dari Pemalang hingga Semarang selama 24 jam atau tidak.

"Tergantung. Siang atau malam tergantung. Ada kemungkinan 24 jam dan tidak. Pengaturan begitu pukul 06.00 WIB pagi komandannya itu Korlantas, Kapolda," ujar Budi.

"Itu Kapolda yang memutuskan. Komandan lapangan polisi," tambahya.

Pengawalan

Sementara itu, Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono akan memberi pengawalan perdana bagi pemudik yang akan melintasi tol fungsional. Pengawalan diperlukan agar pemudik bisa mengikuti jalur yang dipersiapkan.

"Tanggal 8 Juni dimulai dengan pengawalan dari depan. Kami wanti-wanti pemudik yang masuk Pemalang ke Semarang kecepatan masuk tol fungsional tidak lebih 40 kilometer per jam, Pemalang-Batang-Kendal-Semarang," ujar Condro.

Jenderal bintang dua ini menegaskan, tol fungsional yang digunakan pemudik tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Jalan bebas biaya itu mulai dari Kaligangsa sampai Semarang.

"Kemudian dari Salatiga ke Kartasura gratis," tambahnya. 

KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMO Diskon Tarif Tol Selama Mudik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com