Jumat, Tol Fungsional Pemalang-Semarang Dibuka Sejak Pukul 6 Pagi - Kompas.com

Jumat, Tol Fungsional Pemalang-Semarang Dibuka Sejak Pukul 6 Pagi

Kompas.com - 05/06/2018, 22:51 WIB
Kendaraan melintas di Tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah, Sabtu (2/6/2018). Tol tersebut akan difungsionalkan pada arus mudik lebaran 2018.MAULANA MAHARDHIKA Kendaraan melintas di Tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah, Sabtu (2/6/2018). Tol tersebut akan difungsionalkan pada arus mudik lebaran 2018.

SEMARANG, KOMPAS.com - Ruas-ruas tol fungsional dari Pemalang hingga Semarang akan dibuka perdana pada Jumat (8/6/2018). Pembukaan direncanakan sejak pukul 06.00 WIB pagi.

"Jalan tol (fungsional) akan dibuka pada Jumat pukul 06.00 WIB pagi," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, Selasa (5/6/2018) malam.

Terkait pembukaan itu, Menhub menyerahkan kepada pihak kepolisian untuk mengatur lalu lintas berikut keamanan dari jalur tersebut.

Pihak kepolisian juga diberi kewenangan untuk membuka tol fungsional dari Pemalang hingga Semarang selama 24 jam atau tidak.

"Tergantung. Siang atau malam tergantung. Ada kemungkinan 24 jam dan tidak. Pengaturan begitu pukul 06.00 WIB pagi komandannya itu Korlantas, Kapolda," ujar Budi.

"Itu Kapolda yang memutuskan. Komandan lapangan polisi," tambahya.

Pengawalan

Sementara itu, Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono akan memberi pengawalan perdana bagi pemudik yang akan melintasi tol fungsional. Pengawalan diperlukan agar pemudik bisa mengikuti jalur yang dipersiapkan.

"Tanggal 8 Juni dimulai dengan pengawalan dari depan. Kami wanti-wanti pemudik yang masuk Pemalang ke Semarang kecepatan masuk tol fungsional tidak lebih 40 kilometer per jam, Pemalang-Batang-Kendal-Semarang," ujar Condro.

Jenderal bintang dua ini menegaskan, tol fungsional yang digunakan pemudik tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Jalan bebas biaya itu mulai dari Kaligangsa sampai Semarang.

"Kemudian dari Salatiga ke Kartasura gratis," tambahnya. 

KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMO Diskon Tarif Tol Selama Mudik


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X