Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Tol Batang-Semarang, Hati-hati di Persimpangan Kertomulyo

Kompas.com - 04/06/2018, 22:57 WIB
Slamet Priyatin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KENDAL, KOMPAS.com - Di jalan tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, yang akan dioperasikan untuk arus mudik Lebaran 2018, masih terdapat persimpangan yang bisa dilalui warga secara bebas.

Lokasi persimpangan tersebut berada di STA 429+000 tepatnya di Desa Kertomulyo, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal.

Berkaitan dengan hal itu, Kapolres Kendal AKBP Adiwijaya mengatakan, ruas tol fungsional di Desa Kertomulyo memang masih terdapat persimpangan warga.

Baca juga: Masjid Hijau Itu Berada di Tengah Tol Batang-Semarang...

Untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan, Polres akan berkoordinasi dengan PT Waskita Karya (Persero) Tbk, agar menempatkan petugas untuk membantu mengatur arus lalu lintas di sana.

Di samping itu, pihaknya juga akan mempersiapkan pos pengamanan di simpang jalan yang dijaga oleh petugas gabungan seperti Polri dan TNI untuk membantu mengatur arus lalu lintas.

“Kalau tidak dijaga akan berbahaya,” kata Adiwijaya.

Adiwijaya menambahkan rencananya akan ada jembatan atau terowongan di persimpangan tersebut. Namun hingga saat ini, prasarana tersebut belum dibangun.

“Persimpangan itu menghubungkan Desa Kertomulyo dengan Desa Tunggulsari, Brangsong," tambah dia.

Sementarra itu, Kepala Desa Tunggulsari Nur Cholis mengatakan, jika persimpangan tersebut ditutup, warga Tunggulsari yang hendak menuju Desa Kertomulyo maupun sebaliknya, harus memutar akses yang cukup jauh.

Warga harus melewati jalan inspeksi di sebelah utara Kali Aji hingga di Desa Blorok. Jaraknya sekitar tiga hingga empat kilometer. Selain itu kondisi jalan sebagian rusak parah.

‘’Bisa juga lewat perkampungan warga, yang bisa tembus di Kertomulyo. Namun, hanya bisa dilalui sepeda motor. Rute lainnya dan bisa dilalui kendaraan roda empat, yakni ke Desa Rejosari, Kecamatan Ngampel. Warga juga harus memutar lebih jauh lagi,’’ tuntas Nur Cholis.

KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMO Call Center Sejumlah Ruas Tol

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com