Kompas.com - 04/06/2018, 21:47 WIB
Gerbang Tol Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (3/5/2018). KOMPAS.com/Labib ZamaniGerbang Tol Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (3/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah mengantongi sertifikat laik operasi, Jalan Tol Solo-Ngawi sepanjang 90,25 kilometer siap diresmikan dalam waktu dekat.

Meski demikian, jalan tol ini akan digratiskan terlebih dahulu selama arus mudik dan balik Lebaran 2018.

"Tol Solo-Ngawi siap diresmikan namun masih fungsional," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat rapat dengar pendapat di Komisi V DPR, Senin (4/6/2018).

Sertifikat Nomor JL.10-10-Db/589 itu diterbitkan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR pada 28 Mei 2018.

Menara BTS di ruas tol Solo-Ngawi.KOMPAS.com/Reska K. Nistanto Menara BTS di ruas tol Solo-Ngawi.

Sebelum tarif diberlakukan, PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) diwajibkan memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait keberadaan tol tersebut.

Dibukanya tol ini tanpa tarif saat musim lebaran merupakan bagian dari sosialisasi.

Dukungan infrastruktur Jalan Tol Solo-Ngawi menjadi salah satu upaya dalam memecah masalah transportasi darat dan konektivitas baru yang dapat berdampak positif bagi ekonomi kawasan secara umum.

Tol Solo-Ngawi Seksi Kartosuro-Simpang Susun (SS) Sragen.Kementerian PUPR Tol Solo-Ngawi Seksi Kartosuro-Simpang Susun (SS) Sragen.

Jalan Tol Solo-Ngawi ini dilengkapi dengan lima Gerbang Tol (GT), yakni GT Kartasura (Ngasem), GT Solo (Klodran), GT Karanganyar (Kebakkramat), GT Sragen (Pungkruk), dan GT Ngawi (Kota Ngawi).

Untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses jalan tol, PT SNJ juga mempersiapkan simpang susun di GT Bandara Adi Soemarmo Boyolali, GT Purwodadi, dan GT Sragen Timur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.