Kompas.com - 04/06/2018, 13:00 WIB
Tol Solo-Ngawi Seksi Kartosuro-Simpang Susun (SS) Sragen. Kementerian PUPRTol Solo-Ngawi Seksi Kartosuro-Simpang Susun (SS) Sragen.

SOLO, KOMPAS.com - Jalan Tol Solo-Ngawi siap digunakan untuk arus mudik dan balik Lebaran 2018 secara fungsional selama 24 jam.

Staf Senior PT Jasamarga Solo Ngawi Iwan Suwandi mengutarakan kesiapan jalan tol yang ditanganinya kepada Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com, Senin (4/6/2018).

"Kami sudah siap fisik dan sistem (software). Demikian halnya dengan fasilitas. Difungsikan 24 jam," kata Iwan.

Dia menjelaskan, Jalan Tol Solo-Ngawi dirancang sepanjang 90 kilometer. Fungsionalisasinya mulai berlaku pada 8 sampai 24 Juni 2018.

Untuk ruas Solo-Sragen dengan titik awal Gerbang Tol (GT) Colomadu sepanjang 35 kilometer, kondisi fisiknya rigid pavement

Gerbang Tol Colomadu-Sragen, pintu masuk menuju ruas tol Solo-Ngawi yang akan dibuka dengan status fungsional untuk mengurai kemacetan musim mudik Lebaran 2018KOMPAS.com/Reska K. Nistanto Gerbang Tol Colomadu-Sragen, pintu masuk menuju ruas tol Solo-Ngawi yang akan dibuka dengan status fungsional untuk mengurai kemacetan musim mudik Lebaran 2018

Di sepanjang ruas tol ini terdapat tujuh GT. Tiga GT di antaranya belum difungsikan, yakni GT Bandara, GT Purwodadi, dan GT Karanganyar.

Sementara untuk fasilitasnya terdapat empat rest area dengan rincian dua rest area tipe A di Km 519 jalur A dan B, serta dua rest area  tipe B di Km 538 jalur A dan B.

Di dalam rest area tipe A terdapat masjid, toilet, ruang istirahat, kios BBM, CCTV, warung, dan pos kesehatan.

Sementara di rest area Tipe B terdapat mushala, toilet, ruang istirahat, kios BBM, CCTV, dan warung.

Menara BTS di ruas tol Solo-Ngawi.KOMPAS.com/Reska K. Nistanto Menara BTS di ruas tol Solo-Ngawi.

Ruas Solo-Sragen ini sebetulnya sudah siap dioperasikan, tetapi tanpa tarif karena masih menunggu jadwal peresmian oleh Presiden Joko Widodo serta turunnya SK operasional dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.