Pelindo Sediakan Bus Gratis Bagi Pemudik dari Kalimantan

Kompas.com - 02/06/2018, 11:14 WIB
Ilustrasi: Kapal motor (KM) Dobonsolo di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. KOMPAS/ AMANDA PUTRI NUGRAHAWATIIlustrasi: Kapal motor (KM) Dobonsolo di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

SEMARANG, KOMPAS.com - PT Pelindo III menyiapkan fasilitas bus gratis untuk menyambut pemudik dari Kalimantan ke berbagai wilayah di Jawa Tengah.

Pemudik asal Kalimantan saat tiba di Tanjung Emas dapat menikmati fasilitas bus gratis tersebut. Mereka nantinya diantarkan sampai terminal induk di masing-masing daerah.

"Bus rata-rata untuk pemudik dari Kalimantan," ujar Supervisor Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Sularyo, Sabtu (2/6/2018).

Baca juga: Aturan di Terminal Pelindo Diperketat

Bus gratis yang disiapkan ditarget mampu mengangkut 4.000 penumpang. Bus siap di pelabuhan Tanjung Emas dan akan mengantarkan pemudik ke daerah tujuan masing-masing.

Pemudik yang pertama kali tiba memanfaatkan fasilitas itu yaitu KM Engon yang tiba pada Jumat (1/6/2018) pukul 08.30 WIB.

Dikatakan Sularyo, fasilitas bus gratis dari pelabuhan karena dari pelabuhan tidak ada angkutan ke daerah lain di Jawa Tengah. Bus gratis memudahkan pemudik agar dapat mendapatkan angkutan di dekat tempat tinggalnya.

Bus pun dapat menuju ke Tegal, Pemalang, Purworejo, Purwodadi, Wonosobo, Kudus, Pati, hingga Rembang.

"Sudah sejak (kemarin) pagi pemudik yang mempergunakan fasilitas ini. Sudah ada yang tiba dari Kumai dan Sampit. Mereka diberikan tiket bus gratis ini dari pelabuhan asal. Kemudian langsung kami arahkan ke bus-bus yang sesuai dengan tujuan mereka," tutur Sularyo.

Program bus gratis ini, kata dia, berlangsung sejak 1-12 Juni 2018. Pemudik dapat memanfaatkan fasilitas itu dengan membawa KTP/KK serta mendaftar secara online ke mudik.pelindo.co.id.

Humas Pelindo III Cabang Pelabuhan Tanjung Semarang Ayu Puspitasari mengatakan, sejumlah kapal dari berbagai daerah Kalimantan dijadwalkan menuju Pelabuhan Tanjung Emas atau Pelabuhan Tanjung Perak saat arus mudik ini.

Kapal-kapal itu antara lain Kapal Egon, Lawit, Leuser, Kelimutu dan Binalya. Kapal-kapal itu mengangkut penumpang dari Banjarmasin, Pontianak, Kumai hingga Sampit. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X