Tol Tamer Macet, Pemudik Bisa Beli Tiket Kapal di "Rest Area"

Kompas.com - 01/06/2018, 17:00 WIB
Ribuan kendaraan yang akan menyeberang ke Sumatera memadati Dermaga IV Pelabuhan Merak saat terjadi ombak besar dan angin kencang, Jumat (1/12/2017). Rute penyeberangan Jawa-Sumatera di Selat Sunda terdampak siklon tropis Dahlia mengakibatkan kecepatan angin meningkat hingga 45 knot serta tinggi gelombang laut sampai 6 meter yang dapat mengancam keselamatan pelayaran membuat otoritas Syahbandar dan PT ASDP Merak menerapkan sistem buka tutup yang berdampak antrean kendaraan makin panjang. ANTARA FOTO/WELI AYU REJEKIRibuan kendaraan yang akan menyeberang ke Sumatera memadati Dermaga IV Pelabuhan Merak saat terjadi ombak besar dan angin kencang, Jumat (1/12/2017). Rute penyeberangan Jawa-Sumatera di Selat Sunda terdampak siklon tropis Dahlia mengakibatkan kecepatan angin meningkat hingga 45 knot serta tinggi gelombang laut sampai 6 meter yang dapat mengancam keselamatan pelayaran membuat otoritas Syahbandar dan PT ASDP Merak menerapkan sistem buka tutup yang berdampak antrean kendaraan makin panjang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pelabuhan Merak di Banten akan dipadati calon pemudik yang ingin menyeberang ke Pulau Sumatera menjelang Lebaran 2018.

Kepadatan itu bisa disebabkan karena beberapa hal, kendaraan yang mengantre, kapal yang tidak kunjung berangkat karena kondisi cuaca, hingga proses jual beli tiket yang bermasalah.

Imbas dari kepadatan volume kendaraan itu pun bisa dirasakan hingga ke gerbang tol Merak.

Baca juga: Astra Infra Tambah Lajur Tol Tangerang-Merak

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pengelola Tol Tangerang-Merak (Tamer), PT Marga Mandala Sakti (MMS) bekerja sama dengan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak.

"Nanti ada penjualan tiket. Biasanya ditempatkan di rest area kalau Pelabuhan Merak padat," kata Direktur Teknik dan Operasi PT Marga Mandala Sakti (MMS) Sunarto Sastrowiyoto kepada Kompas.com, Kamis (31/5/2018).

Berbeda dengan ruas tol lainnya, menurut dia, kepadatan arus kendaraan di Tol Tamer jarang terlihat di rest area

Kepadatan justru terjadi di gerbang tol seperti di Merak atau Cikupa pada saat arus mudik dan balik, atau Serang Barat dan Cilegon Barat saat puncak arus wisata.

Oleh karena itu, ia mengatakan, rest area akhirnya dipilih sebagai lokasi penjualan tiket penyeberangan ke Sumatera.

Sunarto pun berharap, agar kondisi cuaca pada musim mudik lebaran tahun ini cukup baik, sehingga kapal-kapal yang akan melakukan penyeberangan tidak mengalami permasalahan.

"Ramalan BMKG sih enggak. Nanti kita kumpulkan di rest area. Kalau padat, kita ajak istirahat sejenak di rest area," kata dia.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X