Waskita Dapat Pinjaman Rp 7,1 Triliun Bangun Tiga Tol

Kompas.com - 31/05/2018, 20:32 WIB
Tol Becakayu. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRTol Becakayu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga anak usaha PT Waskita Toll Road (WKTR) mendapat pinjaman khusus dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) senilai Rp 7,16 triliun untuk menalangi anggaran pembebasan lahan pada proyek mereka.

Ketiga anak usaha itu yakni PT Cimanggis Cibitung Tollways pemegang konsesi Tol Cimanggis-Cibitung, PT Trans Jabar Tol pemegang konsesi Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), dan PT Kresna Kusuma Dyandra, selaku pemegang konsesi Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Keuangan dan SDM WKTR Ariandi Siregar menjelaskan, dana talangan ini merupakan pembiayaan untuk pembebasan tanah.

Baca juga: 7 Penyebab Tol Jakarta-Cikampek Sering Macet

Dana talangan ini akan diganti dengan dana APBN oleh pemerintah melalui Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

"Dana talangan tanah ini sebagai wujud dari upaya mendukung percepatan pembangunan proyek infrastruktur di Indonesia, khususnya di jalan tol," ungkap Ariandi di Hotel Bidakara, Kamis (31/5/2018).

Dari total nilai pinjaman, Rp 3,7 triliun di antaranya digunakan untuk membiayai ruas Tol Cimanggis-Cibitung.

Sisanya, sebesar Rp 2,078 triliun digunakan untuk Tol Bocimi dan Rp 1,38 triliun untuk Tol Becakayu.

Direktur Utama PT Trans Jabar Tol Mokhamad Sadali menjelaskan, dana tersebut akan digunakan untuk membebaskan lahan untuk Seksi 2, 3 dan 4 yang saat ini masih dalam proses.

Dari ketiga seksi itu, hanya Seksi 2 yang telah menunjukkan progres pembebasan lahan positif, yakni 20 persen. Sementara untuk Seksi 3 dan 4 belum ada pembebasan lahan.

"Saat ini sedang musyawarah, Insya Allah setelah lebaran sudah ada pembayaran. Diharapkan dengan dana talangan ini penyelesaian bisa lebih cepat dibandingkan mencari kredit dari tempat lain," tutur Sadali.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.