Ketua DPR Minta Pemerintah Penuhi Kebutuhan Pemudik di Jalan Tol

Kompas.com - 29/05/2018, 17:00 WIB
Ketua DPR Bambang Soesatyo seusai bertemu Ketua PP Muhammadiyah Busyro Muqoddas terkait pembahasan RUU Antiterorisme, di gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/5/2018). KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTOKetua DPR Bambang Soesatyo seusai bertemu Ketua PP Muhammadiyah Busyro Muqoddas terkait pembahasan RUU Antiterorisme, di gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah ruas jalan tol akan dibuka fungional pada tahun ini, lantaran konstruksi pekerjaannya belum rampung.

Berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), jalur tol yang dibuka fungsional dari Jakarta sampai Surabaya mencapai 237 kilometer. Sementara, yang dibuka operasional mencapai 524 kilometer.

Baca juga: Jalur Alternatif Mudik, Pansela Banten Tersambung hingga Banyuwangi

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Bambang Soesatyo mengimbau pemerintah memastikan seluruh fasilitas yang terdapat di jalur tol fungsional terpenuhi untuk menunjang kelancaran arus mudik.

"Saya meminta Komisi V mendorong Kementerian PUPR untuk melakukan pengecekan kelayakan jalan dan penempatan rambu serta marka jalan yang akan dilalui oleh pemudik," kata Bambang dalam keterangan tertulis, Senin (28/5/2018).

Adapun ruas tol yang dibuka fungsional yakni seperti Pemalang-Batang (39 km), Batang-Semarang (74 km), Semarang-Solo (32 km), Sragen-Ngawi (55 km), dan Wilangan-Kertosono (37 km).

Selain itu, Bambang meminta, agar Kementerian Perhubungan dapat memastikan seluruh moda transportasi, baik darat, laut, maupun udara, dapat beroperasi dengan baik dan tepat waktu.

"Baik keberangkatan maupun kedatangan, serta ketersediaan safety equipment di dalam setiap moda transportasi umum," ujarnya.

Terakhir, Bambang berharap, agar Polri meningkatkan pengamanan di jalur mudik, terutama di lokasi rawan kemacetan maupun rawan kejahatan.

"Terakhir, mengimbau kepada masyarakat untuk berkoordinasi dengan aparat setempat, seperti RT/RW untuk keselamatan lingkungan," tuntas Bambang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X