Kompas.com - 26/05/2018, 11:30 WIB

TEGAL, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo memastikan, pemerintah akan menyelesaikan delapan proyek bendungan pada tahun ini. Pekerjaan bendungan tersebut terus dikebut guna mendukung sistem ketahanan pangan dan air nasional.

"Pembangunan bendungan akan selesai satu persatu. Tahun 2018 ini delapan waduk akan selesai, termasuk Bendungan Kuningan," saat meninjau lokasi pembangunan Bendungan Kuningan di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Jumat (25/5/2018).

Selain Bendungan Kuningan, tujuh bendungan lain yang ditargetkan selesai yaitu Bendungan Rotiklot di Nusa Tenggara Timur, Bendungan kembar Tanju-Mila di Nusa Tenggara Barat, Bendungan Gondang dan Logung di Jawa Tengah.

Proyek Bendungan KuninganKementerian PUPR Proyek Bendungan Kuningan
Kemudian, Bendungan Sei Gong di Batam, Bendungan Sindang Heula di Banten, Bendungan Paselloreng di Sulawesi Selatan dan Bendungan Kuningan di Jawa Barat.

Progres delapan bendungan tersebut sudah 80-90 persen. Bahkan, untuk Bendungan Rotiklot, Tanju dan Mila sudah selesai dan siap impounding.

Kementerian PUPR pada periode 2015-2019 membangun 65 bendungan, yang terdiri atas 16 bendungan lanjutan dan 49 bendungan baru. Presiden optimistis target itu akan terealisasikan sampai akhir periode pemerintahan saat ini.

Bendungan Kuningan

Bendungan ini didirikan di atas lahan seluas 221 hektar, yang membendung Sungai Cikaro. Dengan volume mencapai 25,9 juta meter kubik, Bendungan Kuningan menjadi bendungan multifungsi.

Proyek Bendungan KuninganKementerian PUPR Proyek Bendungan Kuningan
Pemanfaatan bendungan ini salah satunya sebagai sumber pengairan irigasi seluas 3.000 hektar sawah di dua Daerah Irigasi (DI) yakni DI Cileuweung di Kabupaten Kuningan seluas 1.000 hektar dan DI Jangkelok di Kabupaten Brebes seluas 2.000 hektar.

"Bendungan Kuningan juga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan air baku dengan kapasitas sebesar 300 liter per detik bagi 300 ribu Kepala Keluarga (KK) baik di Kuningan dan Brebes. Bendungan ditargetkan selesai akhir tahun 2018," kata Presiden Jokowi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.