Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khasiat "Ginseng" di Sektor Properti Kita...

Kompas.com - 25/05/2018, 21:23 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ginseng, herbal asal Korea Selatan, dikenal sangat berkhasiat untuk memacu meningkatkan stamina tubuh manusia. 

Ginseng dengan tanda kutip, tentu punya khasiat lain, yang juga sama-sama bermanfaat. "Ginseng" yang dimaksud ini adalah permodalan di sektor properti. 

Dan Korea Selatan, punya itu. Tak hanya ratusan miliar, melainkan triliunan rupiah sebagai kapital, dibawa ke Indonesia untuk ikut serta mengggarap proyek-proyek properti skala raksasa.

Baca juga: Gandeng Lotte dan Premier, Vasanta Kembangkan Apartemen Rp 2 Triliun

Sebut saja nama besar macam Lotte Group melalui Lotte E&C, dan GS E&C. Keduanya ikut mengembangkan properti multifungsi di Alam Sutera, Tangerang, dan Daan Mogot, Jakarta Barat. 

Lotte E&C berperan sebagai salah satu penyandang dana selain Vasanta Group dan Premier Qualitas Indonesia, untuk proyek apartemen menengah ke atas bertajuk Saumata Premier di Alam Sutera.

Ilustrasi apartemenThinkstock Ilustrasi apartemen
Tak tanggung-tanggung, gross development value (GDV) untuk proyek ini ditaksir senilai Rp 2 triliun. 

Kendati tak menyebut angka persis, namun Chief Representative Indonesia Office Lotte E&C Kang Woo Lee mengatakan cukup signifikan.

Bagi Lotte sendiri, Saumata Premier merupakan proyek perdana mereka pasca ekspansi ke bisnis properti.

Posisi Lotte, kata Lee, sebagai co-developer sekaligus menyupervisi teknologi konstruksi proyek ini.

"Namun demikian, pemilihan kontraktor tetap akan dilakukan melalui tender secara profesional, yang terbaik. Untuk pelaksanaan tendernya, Lotte E&C juga akan ikut," imbuh Lee kepada Kompas.com.

Ilustrasi.www.shutterstock.com Ilustrasi.
Perlu diketahui, masuknya Lotte E&C ke bisnis properti Indonesia karena pasarnya sangat besar dan potensial. Terlebih untuk kelas menengah, dan menengah ke atas dengan rentang harga Rp 1 miliar-Rp 3 miliar per unit.

"Kami masuk kelas ini karena yakin dengan kemampuan dan daya belinya. Meskipun Rupiah melemah, tapi kalangan kelas ini masih mampu membeli rumah," ujar Lee.

Saumata Premier dibangun sebagai dua menara dengan total 502 unit di atas lahan 6.140 meter persegi.

Perlu diketahui, Lotte E&C merupakan salah satu pemain jasa konstruksi terbesar di Korea Selatan. Visinya untuk tahun ini adalah menjadi 10 besar kontraktor global.

Sementara GS E&C yang juga bergerak di bidang yang sama dengan Lotte E&C, ikut mengembangkan proyek Citygate 88 di Daan Mogot, Jakarta Barat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com