Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"The Revelation Mosque", Masjid untuk Semua Kalangan

Kompas.com - 25/05/2018, 19:00 WIB
Arimbi Ramadhiani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan yang berbasis di Dubai, X-Architects, menemukan inspirasi dalam warisan budaya dan arsitektur Islam untuk desain baru mereka.

The Revelation Mosque, sebuah proyek masjid seluas lebih dari 2.500 meter persegi, bertujuan untuk menciptakan "jantung lingkungan" yang baru di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

Menciptakan kekosongan perkotaan di antara gedung-gedung yang menjulang tinggi, proposal masjid itu menawarkan "pelarian" dari kehidupan sehari-hari.

Publik, tanpa memandang agama, dapat berkumpul, berkomunikasi, dan berinteraksi satu sama lain di tempat ini.

Desain kubah yang besar dan asimetris memiliki tiga fungsi inti. Bentuknya merujuk pada tipologi masjid tradisional dan melambangkan Jabal Al Noor, gunung spiritual tempat Al-Quran diturunkan.

Rencana sederhananya memaksimalkan ruang publik yang bertujuan untuk menarik pengunjung dan mengarah ke arah kiblat untuk berdoa atau sembahyang. Sementara fasad spiral membanjiri interior dengan cahaya lembut dan tersebar.

Ruang doa utama dibuat seperti gua dengan dinding beton yang tidak beraturan dan bertekstur, di mana kubah tersembunyi dalam kubah.

The Revelation MosqueArchdaily The Revelation Mosque
Citra ini berlanjut ke pintu masuk publik yang diukir ke fasad di titik-titik strategis. Desain ini dibuat untuk menghasilkan ruang publik sosial yang aktif di tengah-tengah aktivitas perkotaan yang padat.

Sebuah jembatan memberi akses ke kubah pusat di atas topografi yang tersembunyi, yang dengan sendirinya menciptakan amfiteater berbayang.

Hal tersebut dibuat untuk memaksimalkan potensi interaksi sosial di luar sambil mempertahankan nuansa damai untuk berdoa di dalam.

Menekankan spesialisasi dalam penggabungan budaya Arab dan desain modern, X-Architects telah meneliti sensitivitas kontekstual yang dipamerkan dalam pekerjaan mereka.

Riset ini dituangkan dalam beberapa proyek yang sedang dibangun. Sementara Revelation Mosque rencananya dibangun dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com