"American Dream", Arena Hiburan Terbesar di Negeri Paman Sam - Kompas.com

"American Dream", Arena Hiburan Terbesar di Negeri Paman Sam

Kompas.com - 25/05/2018, 13:00 WIB
The American Dream Mall yang berada di Meadowlands, New Jersey, sedang dalam pembangunan.Wikimedia Commons / Brad Miller The American Dream Mall yang berada di Meadowlands, New Jersey, sedang dalam pembangunan.

KOMPAS.com – Konglomerasi dan pengembang properti multinasional asal Amerikat Serikat, Triple Five Worldwide, memperkirakan pembangunan tiga mal miliknya akan menarik lebih banyak pengunjung setiap tahun daripada Disneyland, Walt Disney World, Times Square, tempat hiburan di  Las Vegas, French Quarter, Grand Canyon, dan Yellowstone.

Sebagaimana diberitakan Bisnow.com pekan lalu, tiga mal yang dimaksud berlokasi di Amerika Utara, yaitu Mall of America di Minnesota, West Edmonton Mall di Kanada, dan American Dream Meadowlands di luar kota New York yang saat ini sedang dibangun.

Saat ini, perusahaan sedang membangun proyek terbesarnya berupa taman bermain dan pusat perbelanjaan senilai sekitar Rp 56,6 triliun.

Proyek bangunan seluas 464.500 meter persegi itu berdiri di atas lahan 708.000 meter persegi di Dade County, beberapa kilometer di batas utara kota Miami.

Nantinya fasilitas yang tersedia berupa tempat makan dan belanja, arena seni pertunjukan, taman air dalam ruangan, lereng ski dalam ruangan, arena skating, akuarium, dan wahana kapal selam.

Proyek ini disebut sebagai American Dream Miami. Posisinya berada di antara Interstate 75, Florida’s Turnpike Extension, dan Miami Gardens Drive.

Pada 2017, pemerintah setempat sudah memberi persetujuan awal untuk proyek tersebut. Selanjutnya, dijadwalkan pemungutan suara mengenai amandemen terhadap rencana induknya, serta membuat perubahan zonasi yang memungkinkan tempat hiburan dan ritel di kawasan industri.

Selain itu, ada perjanjian pembangunan yang akan mengharuskan Triple Five untuk mengelola limpasan air hujan dan mengeluarkan biaya untuk perbaikan sistem transportasi.

Seperti dilaporkan Miami Herald, sejumlah peritel yang menjadi pesaing di kawasan itu, seperti Dolphin Mall dan Bayside Marketplace, menyatukan pendapat mereka untuk mencegah kehadiran proyek yang mendapat subsidi tersebut agar pembangunannya tidak jadi dilanjutkan.

Orang yang sering bepergian ke daerah itu juga bisa menghadapi masalah serius karena Miami-Dade County juga telah menyetujui proyek komersial  atau perumahan yang dibangun oleh Graham Cos di atas tanah seluas 1,2 juta meter persegi. Posisinya tepat di selatan American Dream Miami, megamal yang diusulkan tadi.

Broward County, yang posisinya di utara proyek tersebut, mengancam akan menuntut karena kemacetan lalu lintas yang akan terjadi. Proyek ini diperkirakan menghadirkan 100.000 perjalanan mobil per hari.

Di samping itu, mungkin saja soal pembiayaan menjadi masalah yang bisa menggagalkan pembangunan arena rekreasi di Miami tersebut. Namun, Triple Five bisa mengatasi soal pendanaan proyek American Dream Meadowlands yang akan dibuka pada Maret mendatang itu.

Sumber pembiayaan itu berasal dari obligasi bebas pajak sekitar Rp 15,5 triliun dan pinjaman dana konstruksi 23,6 triliun dari JP Morgan Chase dan Goldman Sachs.



Close Ads X