Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SCG Bukan Cuma soal Semen...

Kompas.com - 23/05/2018, 12:22 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Produsen semen asal Thailand, Siam Cement Group (SCG), mengumumkan sejumlah hal baru yang terjadi dalam geliat bisnisnya di Indonesia.

Hal pertama yaitu ada perubahan slogan perusahaan menjadi “Passion for Better”.

“Kami ingin memperkenalkan slogan baru perusahaan, yaitu Passion for Better. Melalui slogan baru ini, kami berharap bisa ikut membantu mewujudkan kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih baik,” kata Country Director SCG Indonesia Nantapong Cantrakul saat acara buka puasa bersama media, di Jakarta, Selasa (22/5/2018). 

Baca juga: Ekspansi Usaha, SCG Indonesia Masuk Industri Plastik

Kemudian, SCG juga melakukan ekspansi usaha dalam bisnis di industri kimia dengan menanamkan investasi sebesar 50 persen di PT Nusantara Polymer Solutions.

Perusahaan itu merupakan produsen plastik. Kerja sama ini bertujuan untuk mengembangkan bisnis dengan produk yang bervariasi dan tetap berkualitas tinggi di Indonesia dan kawasan ASEAN.

“Harapannya bisa memperluas bisnis plastik SCG di Indonesia dan ASEAN. Kerja sama ini dilakukan karena kami melihat peluang bisnis yang ada,” ujar Nantapong Cantrakul.

Selain itu, salah satu anak perusahaan SCG, yatu PT Keramika Indonesia Assosiasi, telah meluncurkan produk keramik baru dalam event Keramika Fair 2018 pada Maret lalu di Jakarta.

Untuk di bisnis semen, Nantapong mengatakan, SCG Indonesia memproduksi semen sebanyak 1,8 juta ton per tahun. Semen tersebut dihasilkan dari pabrik yang berada di Sukabumi. Dia mengaku jumlah itu masih lebih kecil dibanding kompetitor lain.

“Pabrik di Sukabumi didirikan tahun 2015. Produksinya lebih kecil daripada produsen semen lain yang ada di Indonesia. Makanya market share-nya pun relatif kecil, yaitu sekitar 2 persen,” ucapnya.

Saat ini ada 27 perusahaan subsidi yang berada di dalam kelompok usaha SCG dengan aneka produk, di antaranya readymix, precast, serta material bangunan, seperti papan gipsum, atap, dan bata ringan.

Sementara itu, dalam keterangan tertulisnya, dilaporkan bahwa pada kuartal pertama 2018, SCG Indonesia memiliki total aset Rp 21,064 triliun.

Sedangkan untuk revenue penjualan sebesar Rp 3,181 triliun. Angka itu menunjukkan peningkatan 17 persen dari tahun sebelumnya.

President and CEO of SCG Roongrote Rangsiyopash mengatakan, meskipun kompetisi bisnis saat ini sangat ketat, baik di Indonesia maupun kawasan ASEAN, serta bertambahnya biaya bahan mentah, bisnis SCG pada kuartal pertama 2018 masih lebih baik dari periode sebelumnya.

“Semoga ini bisa berkontribusi sesuai tagline baru perusahaan, yaitu Passion for Better. Kami juga menggunakan teknologi terbaru untuk melakukan inovasi untuk memberikan solusi kepada para pelanggan di seluruh wilayah ASEAN,” tutur Roongrote.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com